SS TODAY

Polda Jatim Tinjau Langsung Korban Gempa di Pulau Sapudi

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 13 Oktober 2018 | 18:21 WIB
Brigjen Pol M Iqbal Wakapolda Jatim saat meninjau langsung keadaan korban gempa di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Brigjen Pol M Iqbal Wakapolda Jatim meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Pulau Sapudi Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep Madura, Sabtu (13/10/2018).

Didampingi Irwasda dan Dir Sabhara, mantan Kapolrestabes Surabaya itu menghampiri sejumlah tenda yang didirikan untuk membantu para korban. Di antaranya, meninjau lokasi tenda penyimpanan puluhan ton beras, gula dan ribuan kotak bahan makanan dan pakaian serta ratusan sak semen Gresik.

Mereka juga mengunjungi tenda pelayanan dapur umum Bhayangkari Polres Sumenep beserta Persit Kodim dan tenda posko kesehatan Biddokes Polda Jatim, untuk melihat kondisi warga yang mengalami luka akibat gempa.

Selain itu, Iqbal juga mengunjungi keluarga korban yang meninggal dunia karena tertimpa reruntuhan ruma saat gempa terjadi. Dalam kesempatan itu, dia memberikan dana santunan dari Kapolda Jatim.


Brigjen Pol M Iqbal Wakapolda Jatim saat meninjau masjid yang ada di Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi. Foto: Istimewa

"Kami tadi juga melihat bangunan madrasah, masjid dan mengunjungi rumah penduduk yang terdampak gempa dan menyapa warga sekitar serta memberi semangat. Semoga bantuan kemanusiaannya ini bermanfaat untuk korban," kata Iqbal, Sabtu (13/10/2018).

Sebelumnya, Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya telah menerjunkan ratusan personel untuk membantu para korban gempa bumi di Sumenep. Dari Polda Jatim mengirimkan sebanyak 123 personel, yang terdiri dari 1 pleton Brimob Pamekasan, Dalmas Dit Sabhara Polda Jatim, Tenaga kesehatan dari Bid Dokkes Polda Jatim, Dokter Specialis, Tenaga kesehatan Polres Sumenep, Humas Polda Jatim, Provos Polda Jatim, Dalmas Polres Sumenep, dan anggota Polres Sumenep.

Sementara kekuatan unsur dari TNI sebanyak 220 personel, yang terdiri dari Batalyon Rider, Batalyon Zipur, Den Bekang, Kodim 0827 Sumenep dan Koramil Sapudi.

"Personel gabungan ini telah dikerahkan untuk membantu korban. Mulai dari bersih-bersih puing-puing bangunan, melakukan perbaikan rumah, membangun kembali rumah yang roboh, sert memperbaiki fasilitas umum yang rusak," kata dia.(ang/tin/bid)
Editor: Zumrotul Abidin