SS TODAY

Pakde Karwo di Gereja Santa Maria Tak Bercela: Teror Bom yang Lalu Kuatkan Toleransi

Laporan Anggi Widya Permani | Selasa, 25 Desember 2018 | 08:48 WIB
Pakde Karwo saat memberikan sambutan berisi pesan kebhinekaan kepada umat kristiani di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Selasa (25/12/2018). Menurutnya, peran pluralisme menjadi penting untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Soekarwo Gubernur Jatim meninjau pelaksanaan Misa Hari Raya Natal di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Ngagel, Surabaya, Selasa (25/12/2018) pagi. Bersama Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim dan Mayjend TNI Arif Rahman Pangdam V Brawijaya, pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini menyapa ribuan jemaat di dalam gereja.

Di hadapan ribuan jemaat gereja, Pakde Karwo sempat menyampaikan pesan kebhinekaan. Baginya, peran pluralisme menjadi sangat penting untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Toleransi kerukunan umat beragama bisa menjadikan bangsa dan negara ini besar, berdaulat, adil, makmur, sejahtera serta mandiri.


Pakde Karwo Gubernur Jawa Timur bersama Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim dan Mayjend TNI Arif Rahman Pangdam V Brawijaya saat meninjau kondisi Misa Natal di Gereja SMTB Ngagel, Selasa (25/12/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Dia berharap, teror bom yang pernah menimpa Gereja Santa Maria Tak Bercela beberapa bulan lalu dapat menjadikan seluruh jemaat semakin kuat dan mempererat rasa toleransi dengan umat beragama lainnya.

"Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Semoga perayaan natal ini bisa berjalan dengan nyaman dan aman. Mari kebhinekaan tetap kita jaga. Musibah waktu lalu, itu sebuah ujian yang untuk kita ke depannya semakin kuat. Menjaga persatuan dan kesatuan pluralisme itu yang paling mendasar dalam kehidupan kita," kata dia.

Sementara itu, Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim menambahkan, seluruh personel gabungan telah dikerahkan melakukan pengamanan semua gereja di Jatim. Agenda kunjungan ke beberapa gereja ini akan terus dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman serta ikut merasakan kegembiraan jemaat merayakan natal.

"Sudah ada 6 yang kami kunjungi langsung dan kami usahakan mengunjungi lebih banyak gereja untuk berikan rasa nyaman dan aman. Kami datang hari ini untuk kegembiraan merayakan natal," kata dia. (ang/den)
Editor: Denza Perdana