SS TODAY

Tahun Baru, Exit Tol Pandaan Macet Panjang

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 01 Januari 2019 | 11:53 WIB
Antrean panjang kendaraan menjelang exit Tol Pandaan, Selasa (1/1/2019) siang. Foto: Netter Suara Surabaya Media
suarasurabaya.net - Antrean kendaraan sepanjang tiga kilometer terjadi di exit Tol Pandaan (Taman Dayu), saat Tahun Baru 2019, Selasa, 1 Januari. Pada pukul 11.30 WIB, ekor kemacetannya sudah sampai KM 53.

Aiptu Sholeh PJR Tol Jatim II menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola tol fungsional untuk bisa membuka jalan tol dari arah Pandaan ke Karanglo agar antrean di exit tol Pandaan berkurang.

"Sekitar pukul 12.00 WIB nanti baru ada keputusannya. Kemungkinan, baru bisa dibuka saat kendaraan dari arah Karanglo - Pandaan sudah habis," ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa siang.

"Sambil menunggu keputusan dari pengelola tol fungsional, untuk mengurai kemacetan di exit Pandaan, di KM 35 kita tutup dulu. Kita turunkan ke Porong, pengendara tidak bisa naik dari Kejapanan. Kita lewatkan bawah semua," tambahnya.


Antrean hingga 3 Kilometer menjelang exit Tol Pandaan, Selasa (1/1/2019) siang. Foto: Purwanto via WA SS

Pengemudi yang menuju ke arah Malang, disarankan lewat jalur non tol. Informasi sementara, jalur non tol masih lancar. Untuk yang sudah terlanjur masuk Gate Tol Kejapanan, disarankan turun Tol Gempol.

Sekadar diketahui pada 1 Januari jalan tol fungsional Pandaan-Malang (Karanglo) ditutup, karena diprakirakan sudah mulai terjadi arus balik yang dibuka mulai pukul 07.00 tol Karanglo ke arah Pandaan. Namun ternyata arus lalu lintas dari Pandaan menuju Malang justru hari ini lebih padat, sehingga menyebabkan kemacetan di exit Tol Pandaan. (iss/ipg)
Editor: Iping Supingah