SS TODAY

Revitalisasi Kota Tua, Pasar Ikan di Jalan Panggung Dipercantik

Laporan Agung Hari Baskoro | Minggu, 06 Januari 2019 | 11:23 WIB
Pengecatan Pasar Ikan di Jalan Panggung, Minggu (6/1/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pasar Ikan yang berada di Jalan Panggung, Surabaya tak luput dari pengecatan ulang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Pasalnya, Pemkot Surabaya sudah menginstruksikan untuk mengecat ulang semua bangunan yang berada di Jalan Panggung sebagai bagian dari Proyek Revitalisasi Kota Tua Surabaya Utara.

Memasuki hari kedua pada Minggu (6/1/2018), para pekerja terpantau fokus pada bangunan di Pasar Ikan dan beberapa pengerjaan pada bangunan lain di sisi bagian atas.

Bayu, Mandor Satgas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang wilayah Surabaya Utara mengatakan, mengecat bangunan di Pasar ikan membutuhkan usaha lebih keras.

"Sebelum di cat, (tembok) harus dibersihkan dari lumut dan air. Soalnya kan air semua disana. Lebih susah," ujar Bayu ketika ditemui di Jalan Panggung pada Minggu (6/1/2018).

Belum lagi, ia menambahkan, pengerjaan pengecatan Pasar Ikan harus dilakukan bergantian satu sisi. Pasalnya, jika pengerjaan dilakukan di dua sisi bersamaan, maka akan menimbulkan kemacetan di jalan tersebut.

"Jalannya menyempit yang di pasar ikan itu. Jadi ya harus gantian," ujarnya.

Pantauan suarasurabaya.net, saat ini pengerjaan masih terus berlangsung dan berfokus pada sisi-sisi bangunan yang sulit dijangkau seperti panggung rumah, dinding samping, dan dinding bangunan pasar ikan yang basah karena air dan lumut.

Proyek revitalisasi berupa pengecatan di Jalan Panggung sudah dimulai sejak kemarin pada Sabtu (5/1/2018) hingga hari ini Senin (6/1/2018). Pengecatan dilakukan oleh Satgas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Pemkot Surabaya, Linmas, dan Satpol PP.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Surabaya sedang melakukan proyek Revitalisasi kawasan bersejarah di Surabaya Utara. rencana ini mencuat ketika Tri Rismaharini Walikota Surabaya pada Oktober 2018 mengatakan ingin membenahi kawasan Surabaya Utara. Rencana ini akhirnya berhasil disepakati pada November 2018 dan direncanakan bisa selesai pada bulan Mei 2019, tepatnya sebelum ulang tahun Kota Surabaya. (bas/rst)
Editor: Restu Indah