SS TODAY

Pelindo III Upayakan Konferensi INAP di Surabaya Hasilkan Kebijakan Direct Call

Laporan Agung Hari Baskoro | Rabu, 23 Januari 2019 | 13:23 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Pelindo III sebagai tuan rumah penyelenggara Konferensi International Network of Affiliated Ports (INAP) ke-20 berupaya agar acara tahunan antar pelabuhan di Asia dan Afrika ini bisa menghasilkan kebijakan direct call antar negara anggota.

Wilis Aji Deputi Manager Umum dan Humas Pelindo Regional Jatim mengatakan, kebijakan direct call ini akan membuat harga logistik Internasional lebih murah. Direct call sendiri adalah pelayaran langsung petikemas dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan tanpa singgah ke pelabuhan lain terlebih dahulu.

"Harapnnya pelabuhan-pelabuhan lain yang selaras. Kerjasama yang memungkinkan, mengedepankan direct call antar negara itu. Biar logistik internasional bisa lebih murah," ujar Wilis ketika dihubungi suarasurabaya.net pada Rabu (23/1/2019).

Sebagai tuan rumah, Wilis juga menyatakan persiapan Pelindo III sudah mencapai 100 persen. Menurutnya, persiapan acara yang akan diawali dengan General Assembly pada Rabu (23/1/2019) sore di Hotel Sheraton, sudah rampung. Beberapa delegasi pelabuhan anggota sudah datang sejak Selasa (22/1/2019) dan beberapa pelabuhan lain juga sudah tiba pada Rabu pagi.

"Kemarin (22/1/2019, red) sudah mulai datang. Total 44 delegasi dari 8 negara," katanya.


Persiapan kegiatan Konferensi INAP ke-20 yang digelar di Hotel Sheraton Surabaya pada 23-24 Januari 2019. Foto: Agung Suara Surabaya Media

Sebagai informasi, Konferensi tahunan INAP digelar di Hotel Sheraton Surabaya pada 23-24 Januari 2019 dan diselenggarakan oleh PT Pelindo III sebagai tuan rumah.

Saat ini INAP beranggotakan 11 pelabuhan dari Filipina, Bangladesh, Sri Langka, Korea Selatan, Afrika Selatan, Jepang, China, dan Indonesia. Organisasi ini lahir untuk mempertemukan beberapa pelabuhan di Asia dan Afrika melalui kerjasama yang intensif dalam sebuah jaringan afiliasi. (bas/wil/ipg)

Editor: Iping Supingah