SS TODAY

Listrik di Balongpanggang Sudah Menyala, Khofifah Berharap Warga Bisa Tadarusan

Laporan Denza Perdana | Minggu, 05 Mei 2019 | 16:10 WIB
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat meninjau banjir luapan Kali Lamong di Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Minggu (5/5/2019). Foto: Humas Pemprov Jatim
suarasurabaya.net - Khofifah Indar Parawansa memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberikan dukungan kepada warga di lima kecamatan di Gresik yang terdampak banjir luapan Kali Lamong agar bisa menjalankan ibadah di Bulan Ramadan.

"Listrik sudah menyala siang ini. Semoga nanti malam warga bisa tadarusan. Support untuk korban akan terus kami berikan, tinggal saya minta bantuan teman-teman (warga Jatim) yang lain mendukung secara psikologis," ujarnya.

Hari ini Khofifah memberikan bantuan uang tunai secara langsung kepada keluarga korban yang meninggal akibat terseret banjir di dua dusun di Desa Pucung, Kecamatan Balongpanggang, Gresik.

Pemprov Jatim juga memberikan bantuan sembako untuk warga terdampak banjir lainnya di desa tersebut. Khofifah berharap, warga tetap bersemangat melaksanakan ibadah puasa pertama di bulan Ramadan ini.

Selain di Gresik, yang menurut Khofifah membutuhkan tindakan khusus, Pemprov Jatim saat ini juga masih mengidentifikasi titik-titik yang menyebabkan banjir di Jawa Timur.

Dia mencontohkan, Sungai Kemuning di Kabupaten Sampang, Madura, yang membutuhkan sodetan. Menurutnya, pemerintah pusat sudah menyiapkan APBN untuk pembangunan plengsengan. Pemda yang akan menyiapkan lahan.

"Demikian juga Welang (yang mengakibatkan banjir di Pasuruan), juga Juanda (yang mengakibatkan sebagian kawasan di Sidoarjo terdampak banjir). Identifikasi dalam rapat pimpinan terbatas sudah kami lakukan," ujarnya.(den/ang)
Editor: Anggi Widya Permani



LAINNYA