SS TODAY

Polisi Selidiki Rekening Bank Milik Veronica Koman Tersangka Provokasi

Laporan Anggi Widya Permani | Selasa, 10 September 2019 | 19:45 WIB
Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Polda Jatim terus mendalami insiden Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, pada 16 Agustus lalu. Salah satunya kasus provokasi dengan tersangka VK alias Veronica Koman, yang belum juga memenuhi panggilan polisi.

Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengatakan, pihaknya saat ini tengah menyelidiki dua nomor rekening bank milik Veronica. Ini untuk menelusuri dari mana aliran dana beserta penggunanya.

"Saat ini, kami menyelidiki transaksi keuangan dan mendalami dana yang masuk dari siapa serta keluar untuk siapa. Kami punya dua nomor rekening baik bank daam negeri maupun luar negeri," kata Luki.

Menurutnya, penulusuran aliran dana ini penting untuk mengungkap secara jelas terkait kerusuhan yang terjadi di Papua. Polisi juga bekerja sama dengan Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) agar Veronica segera memenuhi panggilan penyidik.

"Ini untuk mencari benang merah terhadap permasalahan yang terjadi di Indonesia. Arahnya ke sana. Ini masih kami dalami," kata Luki.

Sebelumnya, polisi sudah mengetahui keberadaan Veronica Koman. Dia berada di salah satu negeri tetangga. Namun, Luki enggan membeberkan di mana. Sebab, kasus ini masih dalam proses penyidikan.

"Yang jelas Veronika akan saya buru dan akan saya tangkap. Ini dalam proses penyidikan, jangan sampai nanti kita akan kesulitan. Yang jelas negara tetangga, dan sangat dekat dengan Indonesia," kata Luki.

Dalam ini, lanjut dia, Polda Jatim akan berkoordinasi dengan Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri untuk melayangkan surat bantuan. Ini terkait keberadaan tersangka Veronica di salah satu negara.

Selain itu, pihaknya juga telah melayangkan surat ke Dirjen Imigrasi untuk bantuan pencekalan dan pencabutan paspor Veronica. Surat panggilan Veronica sebagai tersangka, juga sudah dilayangkan ke dua alamatnya di Jakarta.

"Hasil pengembangan dari penyidik juga berhasil untuk melacak nomor rekening Veronica. Ada dua, baik di Indonesia maupun luar negeri. Kami sudah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dengan Imigrasi terkait rekening itu," kata dia. (ang/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA