SS TODAY

Bangkai KM Santika Nusantara 200 Kilometer di Barat Lokasi Terbakar

Laporan Denza Perdana | Senin, 26 Agustus 2019 | 16:12 WIB
Foto udara bangkai KM Santika Wijaya. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) bersama instansi terkait menemukan bangkai KM Santika Nusantara di perairan Masalembu dalam operasi udara Senin (26/8/2019).

Mayor Jenderal TNI Nugroho Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan serta Kesiapsiagaan BASARNAS memimpin operasi pemantauan udara dengan pesawat CN 235 TNI AL (P-8305).

Nugroho melakukan operasi udara ini bersama unsur SAR dari Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Jawa Timur, Kantor Kesyhabandaran Tanjung Perak, BMKG, dan perwakilan agen kapal.


Bangkai KM Santika Wijaya. Foto: Istimewa

Berdasarkan keterangan yang diterima surasurabaya.net, keberadaan KM Santika Nusantara tertangkap alat FLIR Pesawat pada pukul 12.30 WIB.

"Lokasinya sekitar 145 Nautical Mile atau sekitar 262,984 kilometer arah barat dari posisi kapal terbakar," demikian data dari Basarnas.

Pemantauan udara pencarian bangkai kapal KM Santika Wijaya ini dilakukan setelah masuknya laporan Ali Topan nelayan setempat kepada Basarnas Senin pagi pukul 09.37 WIB.

Basarnas menyatakan, sampai Senin siang pukul 14.00 WIB, jumlah korban KM Santika Nusantara yang sudah ditemukan dan dievakuasi Tim SAR Gabungan sebanyak 311 orang.

Sebelumnya diberitakan, Kapal Motor (KM) Santika Nusantara yang membawa ratusan penumpang terbakar di perairan Masalembu, Kamis (22/8/2019) pukul 20.49 WIB. Kapal ini diketahui milik PT Jembatan Nusantara.

Hingga kini belum diketahui penyebab Kapal Motor Santika Nusantara jurusan Surabaya-Banjarmasin terbakar di sekitar Perairan Masalembo.

Tercatat ada 3 orang yang meninggal akibat insiden ini.(den/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah