SS TODAY

Hasilkan 9.824 IKM, Industri Batik Berkembang Signifikan di Jawa Timur

Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 02 Oktober 2019 | 10:30 WIB
Drajat Irawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim (baju putih) ketika menghadiri talkshow Wawasan di Radio Suara Surabaya, Rabu (16/1/2019). Foto: Ika/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Drajat Irawan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur mengatakan, perkembangan industri batik di Jawa Timur sudah cukup signifikan.

"Total industri batik di Jawa Timur yaitu 9.824 Industri Kecil Menengah (IKM). Mampu menyerap tenaga kerja 29.571 orang," ujarnya kepada Radio Suara Surabaya pada Hari Batik Nasional, Rabu (2/10/2019).

Saat ini, hampir semua kabupaten dan kota di Jatim punya batik khas. Saat ini sedikitnya ada 1.500 motif batik di Jawa Timur. Pakemnya tetap tidak berubah, tapi banyak variasi di Jawa Timur. Dengan berbagai corak, batik akan lebih menarik dan lebih disukai masyarakat.

"Batik Jawa Timur memiliki motif yang lebih bebas dengan karakter sesuai daerah asalnya. Kebanyakan punya warna-warna yang cerah. Contohnya Madura, Tuban, Sidoarjo, Banyuwangi," ucapnya.

Beberapa faktor pendukung perkembangan industri batik di Jawa Timur, kata Drajat, di antaranya yaitu adanya kewajiban penggunaan batik di kalangan ASN, sertifikasi bagi para pembatik, kegiatan promosi dan pameran yang sering digelar, lomba motif batik sampai pengajaran tentang batik di sekolah-sekolah.(iss/ipg)
Editor: Iping Supingah