SS TODAY
HUT ke 720

Mlaku-mlaku Nang Suroboyo di Surabaya Insight

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 02 Mei 2013 | 21:32 WIB
suarasurabaya.net - Memeriahkan HUT Surabaya ke 720 tahun, sederet kegiatan bernuansakan seni, budaya serta sejarah dikemas dalam Surabaya Fest dibuka mulai Kamis (2/5/2013) dengan gelaran Pameran Surabaya Insight di Museum House of Sampoerna.

Menghadirkran dokumentasi-dokumentasi terkait sejarah awal kota Surabaya saat masih menerapkan sistem pemerintahan kekratonan serta berbagai barang pos seperti wasel, warkat, perangko, dan lain sebagainya.

Melengkapi informasi terkait sejarah pos Indonesia, mulai Kamis (2/5/2013) juga digelar tur Surabaya Herritage Track (SHT) bertema Surabaya Insight, dengan destinasi Kantor Pos Simpang dan Kantor Pos Kebon Rojo.

Sedangkan destinasi lain yang dijadwalkan adalah beberapa kawasan yang merupakan bagian dari sejarah lama kota Surabaya, yaitu sejumlah kampung atau peninggalan bersejarah dimasa pemerintahan Kota Surabaya di masa lalu.

“Untuk rute sejarah lama kota Surabaya, diantaranya melintasi kawasan Kampung Kraton, Balai Kota, Cak Durasim, Kampung Bubutan, dan untk rute ini kami akan gelar setiap Jumat dan Minggu, hingga 2 Juni 2013,” terang Ina Silas manager House of Sampoerna saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Kamis (2/5/2013).

Sementara itu sebagai keikutsertaan melestarikan kesenian Ludruk, Galeri Seni menggandeng mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Desain Grafis Universitas Surabaya (Unesa), menggelar pameran bertajuk Ludruk Cak!.

Dikuratori Asysam selaku dosen pembimbing, sebanyak 27 karya seni yang terdiri dari 25 karya 2D meliputi seni lukis, grafis, dan fotografi serta 2 karya dalam bentuk 3D (instalasi) dipamerkan sebagai hasil visualisasi ludruk oleh 25 mahasiswa Unesa tersebut.(tok)

Teks foto:
-Masyarakat menyaksikan sejarah lama Kota Surabaya di Museum HOS.
Foto: Totok suarasurabaya.net


LAINNYA