SS TODAY
Jelang HUT Surabaya Ke-720

Pawai Bunga Membawa Berkah Pedagang Bunga

Laporan Teguh Ardi Srianto | Minggu, 05 Mei 2013 | 04:51 WIB
suarasurabaya.net - Pawai bunga dan mobil hias peringatan Hari Ulang Tahun Surabaya ke-720, membawa berkah para pedagang bunga.

Panen rejeki pengadaan bunga dan perancangan mobil hias ini, disampaikan beberapa pedagang bunga dari Pasar Bunga Kayoon yang kebanjiran pesanan untuk merangkai puluhan mobil dari beberapa instansi dan lembaga yang akan memeriahkan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Surabaya ke-720, Minggu (5/5/2013).

Lutfi Fuad satu diantara Pedagang Bunga dari Pasar Bunga Kayoon mengatakan, banjir order ini sangat menggembirakan meski pekerjaannya juga sangat melelahkan.

Menurut Lutfi, tahun lalu dia juga mendapat order pengerjaan mobil hias dari satu diantara instansi dengan anggaran sampai Rp 25 juta. "Kalau tahun lalu pengerjaannya tidak seberapa rumit, karena hanya berbentuk kapal hias dan bunga di sekilingnya," ujarnya.

Untuk tahun ini, Lutfi mendapat pesanan mobil hias dengan bentuk Masjid Ceng Ho, yang panjangnya sekitar enam meter dan lebar hampir dua meter. "Diperkirakan anggaran untuk membuat Masjid Ceng Ho berhias bunga itu, mencapai Rp 36 juta," paparnya.

Dikatakan Lutfi, untuk pembuatan mobil hias berbentuk Masjid Ceng Ho itu, dia harus menurunkan 15 orang timnya yang bekerja selama seminggu. Sementara untuk penyelesaian mobil hias, dikerjakan mulai dini hari sampai pagi sekitar pukul 08:00 WIB.

Meski banyak kesempatan untuk meraup keuntungan, dalam kegiatan pawai bunga dan mobil hias, Lutfi mengaku tidak akan mengerjakan mobil hias lebih dari satu, karena khawatir hasilnya tidak akan maksimal.

Sementara tentang biaya paling murah, untuk membuat satu mobil hias, diperkirakan bisa mencapai Rp 10 juta lebih, dengan model yang tidak terlalu rumit. "Untuk model yang rumit, sudah pasti harganya lebih diatas Rp 25 juta rupiah dan harus dikerjakan sekitar satu minggu sebelum pelaksanaan kegiatan," terangnya. (tas)

Teks Foto :
1. Mobil hias berbentuk Masjid Ceng Ho sedang dituntaskan pengerjaannya, sampai dini hari.
2. 'Buaya' sebagai ciri khas Kota Surabaya sudah siap mengikuti pawai bunga dan mobil hias HUT ke-720 Surabaya.
Foto : Teguh suarasurabaya.net


LAINNYA