SS TODAY

Liburan, Menyapa Peninggalan Sejarah Lama Kota Surabaya

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 09 Mei 2013 | 17:33 WIB
suarasurabaya.net - Sisa peninggalan sejarah lama Surabaya, diantaranya adalah bangunan-bangunan bersejarah, memang tersebar dibeberapa sudut kota ini. Dan mengisi liburan yang hanya sehari, tak salah mencoba ‘menyapa’ sisa-sisa peningalan itu.

“Ikut tour-tour seperti ini justru bikin kita nambah pengetahuan. Kita jadi tahu bahwa Tugu Pahlawan misalnya, tingginya berapa meter, atau dibangun pada tahun berapa, selama ini kita tahunya hanya dari buku kan,” ujar Lita mahasiswi Unair.

Senada dengan itu, Tantri Widya mahasiswi jurusan psikologi Universitas Katolik Widya Mandala menyampaikan bahwa belajar sejarah memang tidak hanya dari buku. “Waktu tinggal di Singapura, saya sering ikut city tour untuk tahu sejarah kota,” kata Tantri Widya saat berbincang dengan suarasurabaya.net.

Surabaya Herritage Track (SHT) yang dikelola House of Sampoerna, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 720 tahun Kota Surabaya, menggelar beberapa city tour dengan sejumlah destinasi menelisik peninggalan sejarah Kota Surabaya.

Menggunakan bis khusus dilengkapi dengan pendingin udara, masyarakat dapat mengikuti tour mendatangi peninggalan serta jejak sejarah kota Surabaya yang tidak sekedar bangunan-bangunan saja tetapi juga berbagai cerita tentang Surabaya di masa lampau.

Kepada suarasurabaya.net, Rani Anggraini manajer galeri House of Sampoerna mengatakan bahwa disaat bertepatan dengan hari libur, jumlah peserta SHT, selalu mengalami peningkatan.

“Kalau dibandingkan dengan hari biasa memang terjadi peningkatan. Dan khusus menjelang peringatan ke 720 tahun Kota Surabaya, SHT memilih destinasi peninggalan sejarah kota ini. Mulai dari bangunan, perkampungan hingga cerita sejarah Surabaya kami hadirkan,” papar Rani Anggraini pada suarasurabaya.net, Kamis (9/5/2013).(tok/edy)

Teks foto:
-Peserta SHT sedang menikmati sisa peninggalan sejarah Surabaya di gedung PTPN XI.
Foto: Totok suarasurabaya.net
Editor: Eddy Prastyo



LAINNYA