SS TODAY

1500 Peserta Meriahkan Festival Rujak Uleg

Laporan Fatkhurohman Taufik | Minggu, 12 Mei 2013 | 16:04 WIB
suarasurabaya.net - Aneka dandanan meriahkan Festival Rujak Uleg 2013 yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya yang ke-720, Minggu (12/5/2013).

Ada yang dandan ala drakula, tokoh pewayangan, India, ikon suro dan boyo, waria, adat Jawa, China, dedaunan, serta enaka dandanan lainnya. Mereka terbagi dari 1500 regu.

Dan semua sudah bersiap melingkari meja masing-masing. Satu meja berisi satu regu dengan anggota antara 3-5 orang.

Siang tadi, kawasan sepanjang Jl Kembang Jepun, Kia-kia disulap menjadi tempat berpesta rujak.

Semua bersiap dan ketika tepat pukul 13.30, musik-pun berbunyi. Seluruh peserta yang semula menunggu langsung mengeluarkan senjata mereka, sebuah ulegkan yang lantas mereka mainkan sambil berjoget bernyanyi nan ceria.

Meski "maaf" sedikit jorok karena bercampur dengan bau tak sedap sebagian keringat pengunjung, para peserta terus menguleg sambil sesekali mengambil aneka bahan yang sudah mereka siapkan.

"Yang penting senang, juara atau tidak yang penting ikut meriahkan ulang tahun kota kita," kata Eppy Winarni, dari Suara Surabaya Media yang ikut ambil bagian dalam Festival kali ini.

Festival rujak uleg kali ini, selain diikuti oleh hampir seluruh kelurahan di Surabaya juga diikuti beragam instansi lainnya baik negeri maupun swasta.

Bahkan, beberapa perwakilan negara tetangga yang memiliki perwakilannya di Surabaya juga ikut memeriahkan dengan menerjunkan timnya untuk ikut menguleg bersama.

Dari 1500 peserta ini, panitian memberikan hadiah khusus bagi 50 perserta terbaik dengan masing-masing memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 1,5 juta.

Selain itu, bagi 10 penyaji terbaik juga mendapatkan sepeda gunung, televisi, kompor gas, serta aneka hadiah lainnya.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya yang ikut hadir diantara ribuan peserta berharap Festival Rujak Uleg bisa menjadi agenda tahunan. "Tahun depan dan mungkin akan terus festival ini akan kami gelar sebagai agenda rutin tahunan," kata Risma.

Teks Foto :
- Peserta dari Suara Surabaya Media, ketika beraksi dalam Festival Rujak Uleg di Jl Kembang Jepun, Minggu (12/5/2013).
Foto : Taufik suarasurabaya.net


LAINNYA