SS TODAY

SUCF Pengaruhi Jumlah Wisatawan di Surabaya

Laporan Iping Supingah | Sabtu, 18 Mei 2013 | 13:53 WIB
suarasurabaya.net - Di tahun keduanya, Surabaya Urban Culture Festival (SUCF) yang akan digelar Minggu (19/5/2013), masih akan menarik perhatian masyarakat. Satu moment yang setiap tahun akan ditunggu oleh masyarakat Kota Surabaya.

SUCF sendiri menurut Wiwik Widyawati Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Surabaya, sudah terdapat dalam kelander event Pemkot Surabaya 2013.

"Ketika merancang diakhir tahun 2012, untuk dipubliskan di awal 2013, SUCF sudah menjadi satu agenda yang diletakkan dalam kalender event," kata Wiwik kepada Suara Surabaya, Sabtu (18/5/2013).

Wiwik menambahkan, event tahunan ini sangat mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke Kota Surabaya. "Dampaknya luar bisa untuk pariwisata," kata dia.

Meskipun dampak dengan adanya SUCF belom adanya riset setiap bulannya, namun dalam kurun waktu 5 terakhir, kunjungan wisatawan meningkat luar biasa. "Ada kenaikan secara signifikan dari sisi wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Sejauh ini Pihaknya berusaha mencari tau faktor apa yang mempengaruhi para wisatawan masuk, bahkan mencatat segala kekurangan yang berkaitan dengan sosialisasi informasi kalender event sepanjang tahun ini kepada wisatawan.

Disbudpar sejauh ini selalu gencar sosialisasi seputar kalender event Kota Surabaya.

"Saat ini Disbudpar memiliki Base Pariwisata, yang digerakkan untuk ke Hotel-hotel dan ketempat lainnya, mencari wisatawan yang ingin tahu atraksi-atraksi yang ditawarkan Kota Surabaya. Yang harus banyak dilakukan adalah, meletakkan informasi ini ditempat strategis, sehingga masyarakat bisa ambil informasi itu dengan cepat dan benar," tegas Wiwik.(bim/ipg)

Teks Foto:
- Ribuan masyarakat membanjiri Jl. Tunjungan tempat digelar SUCF pada tahun 2012 lalu.
Foto: Dok. suarasurabaya.net


LAINNYA