SS TODAY
Pementasan Ludruk Syarif Tambak Oso

Pahlawan Surabaya Yang Tetap Hidup Walau Dibunuh 1.000 Kali

Laporan Dwi Yuli Handayani | Sabtu, 18 Mei 2013 | 17:17 WIB
suarasurabaya.net - Syarif Tambak Oso terkulai lemah saat peluru menembus tubuhnya. Tubuhnya ambruk ke tanah. Pasukan Belanda yang menembaknya, bersorak. Syarif sudah mati ?

Kesokan harinya, ibunda Syarif menghampiri jasad anaknya yang membujur kaku. Dia langkahkan kaki melewati tubuh Syarif. Ajaib, Syarif Tambak Oso hidup kembali dan melanjutkan perjuangan, memimpin rakyat Surabaya melawan penjajah Belanda.

Itulah spenggal cerita ludruk "Syarif Tambak Oso", yang akan ditampilkan siswa-siswi SMAK St Louis Surabaya, di perhelatan Surabaya Urban Culture Festival (SUCF) 2013, Minggu (19/5/2013).

Susri Koordinator Seni SMAK St Louis Surabaya saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Sabtu (18/5/2013) mengatakan, Syarif Tambak Oso bercerita tentang seorang pahlawan pembela rakyat yang tidak bisa mati meskipun sudah dibunuh 1000 kali dalam sehari.

"Kuncinya ada di ibunya, jika dia dilangkahi ibunya saat dia mati dia akan hidup kembali," kata dia.

Susri menjelaskan, sejumlah guru St Louis juga akan ikut tampil dalam ludruk ini. RInciannya 40 orang siswa, terdiri dari 4 siswa penari Remo, 16 siswa pemain karawitan dan sisanya yang menjadi lakon dalam ludruk, "Syarif Tambak Oso".

Tak hanya itu, tembang Jula-juli khas Surabaya juga akan dibawakan oleh Heri guru olahraga SMAK St Louis untuk mendukung ludruk ini." Memang agak susah, tapi saya cukup tahu dan banyak belajar waktu dulu di desa saya juga ada ludruk," ujar dia.

Susri menambahkan, waktu 1 bulan cukup untuk para siswa melakukan latihan lengkap denga kolaborasi baik dengan musik karawitan dan pendukung lainnya.

"Diharapkan dengan penampilan ini, ludruk juga semakin mewabah di kalangan anak muda sehingga budaya khas Surabaya ini bisa terus lestari," tambah dia. (dwi/ran)

Teks Foto :
- Suasana latihan ludruk siswa SMAK St Louis Surabaya
Foto : Dwi suarasurabaya.net
Editor: Rangga Umara S.



LAINNYA