SS TODAY

Dinkes Jatim: 89,68 persen Masyarakat di Jatim Telah Mengakses Air Bersih

Laporan Anggi Widya Permani | Kamis, 22 Maret 2018 | 08:56 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Kohar Hari Santoso Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengatakan sebagian besar masyarakat di Jatim sudah mengakses kebutuhan air. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, sekitar 89,68 persen masyarakat di Jatim sudah mendapatkan air yang layak dan terkontrol kualitasnya.

"Masyarakat sekarang semua sudah bisa mengakses air. Tapi yang sudah mengakses air yang terkontrol kualitasnya baru 89,68 persen. Sementara sisanya, sudah mengakses air, tapi dari sumber yang terkontrol. Kalau air PDAM kan sudah jelas kualitasnya. Mereka menggunakan air dari sumber seperti sumur yang kualitasnya kita belum bisa dipantau," kata Kohar kepada suarasurabaya.net, Kamis (22/3/2018).

Kohar menambahkan rata-rata daerah yang belum terpantau mendapatkan kebutuhan air yang layak, yaitu didaerah pedesaan. Sementara untuk daerah perkotaan, lanjut Kohar, sebagian besar sudah terpantau kualitas airnya.

Untuk menjamin distribusi air yang bersih dan bebas dari kuman penyakit, kata Kohar, pihaknya akan berusaha menjangkau daerah-daerah yang masih belum terpantau kualitas airnya, dengan pemeriksaan rutin.

"Kami berusaha untuk menjangkau dari kabupaten atau kota, dengan melakukan pemeriksaan ke fasilitas air yang digunakan masyarakat. Caranya yaitu melakukan sampling. Sampel air yang diambil itu akan dikumpulkan dan diuji di laboratorium, untuk mengetahui kualitasnya," ujarnya.

"Dari hasil itu, bisa dipastikan apakah air bersih dari kuman dan layak dikonsumsi masyarakat. Setelah tahu hasilnya, akan dilakukan perbaikan kualitas airnya. Kita juga punya Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan, yang bisa melakukan pemantauan," tambahnya. (ang)
Editor: Ika Suryani Syarief