INFO HAJI
Catatan Perjalanan Haji

Masjid Nabawi Siapkan 396.000 Liter Air Zamzam Setiap Hari

Laporan Ika Suryani Syarief | Jumat, 12 Juli 2019 | 19:46 WIB
Drum air zamzam di Masjid Nabawi. Foto: Adit Jufriansyah Suara Surabaya
suarasurabaya.net - Setiap hari, selama musim haji, pengurus Masjid Nabawi menyiapkan 396.000 liter air zamzam untuk dikonsumsi jamaah.

Adit Jufriansyah, penyiar Radio Suara Surabaya yang berada di Madinah, Arab Saudi melaporkan, suhu udara hari ini mencapai 43 derajat Celcius.

"Hari ini cuaca panas dan jarak Hotel Manarat al Taj di sektor 4 ke Masjid Nabawi hampir 1 kilometer. Alhamdulillah sesampainya di masjid kami bisa menyegarkan tubuh dengan air zamzam," ujarnya.

Berdasarkan pengamatannya, setiap hari datang truk tangki yang mengangkut air zamzam dari Mekkah. Kemudian, petugas Masjid Nabawi menampung air zamzam tersebut ke dalam ruang penyimpanan yang terletak di salah satu sudut Masjid Nabawi.


Petugas memindahkan air zamzam dari truk tangki ke dalam ruang penyimpanan. Foto: Adit Jufriansyah Suara Surabaya

Nantinya air zamzam itu akan dimasukkan ke dalam beberapa drum berkapasitas 20 liter yang ditempatkan di tiap sudut, di luar dan juga di dalam Masjid Nabawi. Mereka juga menyiapkan gelas plastik untuk jamaah.


Jamaah menikmati air zamzam dingin di Masjid Nabawi. Foto: Adit Jufriansyah Suara Surabaya

"Jamaah dapat menikmati air zamzam di Masjid Nabawi dalam kondisi dingin dan suhu ruang. Kalau yang dingin tidak ada tulisannya, tapi kalau yang tidak dingin di drumnya ada tulisan Not Cold," lanjutnya.(dit/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.