Rabu, 15 Mei 2024

Puluhan Mahasiswa Unair dan MBKM Pelajari Konvergensi Media di Suara Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) dan MBKM, kunjungan ke kantor Suara Surabaya Media pada Senin (29/4/2024). Foto: Fitrah magang suarasurabaya.net Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) dan MBKM, kunjungan ke kantor Suara Surabaya Media pada Senin (29/4/2024). Foto: Fitrah magang suarasurabaya.net

Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) dan 10 mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), melakukan kunjungan ke kantor Suara Surabaya Media pada Senin (29/4/2024) siang.

Rombongan itu dipimpin oleh Dr. Suko Widodo dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Politik Unair yang mengatakan, kunjungan media ini berkaitan dengan mata kuliah Jurnalisme Online untuk mengetahui bentuk konvergensi media di Suara Surabaya.

“Mereka (para mahasiswa) senang sekali karena selama ini perspektif tentang radio hanya ada studio kecil dan microphone. Tapi ternyata juga ada proses penggabungan antara radio, berita online, dan media sosialnya juga,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Dr. Suko Widodo dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Politik Unair (kiri) dan dua perwakilan mahasiswa jurusan S1 Ilmu Komunikasi Unair saat on air di Radio Suara Surabaya, Senin (29/4/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Suko berharap melalui kunjungan ini para mahasiswa dapat menggali pengetahuan lebih banyak tentang proses untuk mendapatkan berita yang akurat dan berkualitas.

“Jadi dari konsep-konsep materi terbaru dalam industri media, jurnalime baru, ternyata bisa dibuktikan oleh Suara Surabaya bagaimana produk-produk informasi diproduksi dengan cara modern dan cepat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Stefani mahasiswa jurusan S1 Ilmu Komunikasi Unair mengaku antusias dengan kunjungan tersebut.

Restu Indah, penyiar Radio Suara Surabaya saat memaparkan materi milestone atau sistem kerja Suara Surabaya di kunjungan mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) dan MBKM di Suara Surabaya Center (SSC), Senin (29/4/2024). Foto: Fitrah magang suarasurabaya.net

“Terutama bagi mahasiswa seperti kami, yang setiap hari harus menggunakan kendaraan, pasti butuh informasi terkait arus lalu lintas. Selain itu, beritanya juga sangat informatif, jadi susah untuk pindah ke gelombang lain,” ucap Stefani saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Dalam kunjungan ini mahasiswa diberikan materi milestone atau sistem kerja Suara Surabaya oleh Restu Indah, Wakil Pemimpin Redaksi sekaligus penyiar Radio Suara Surabaya.

Kemudian para mahasiswa juga diajak berkeliling ke dapur redaksi Suara Surabaya seperti di ruang Gate Keeper dan Newsroom, serta mengunjungi divisi New Media untuk mengetahui sistem pemberitaan di suarasurabaya.net, Halaman Facebook e100, X (Twitter) @e100ss, Instagram @suarasurabayamedia, Youtube Suara Surabaya Media serta Aplikasi Suara Surabaya Mobile.

Bahkan perwakilan mahasiswa dan Suko Widodo juga diberi kesempatan untuk on air bersama Aini Kusuma penyiar Radio Suara Surabaya. (azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version