KAMPOENG MEDIA

Ingin Lebih Komunikatif, Command Center 112 Sambang Suara Surabaya

Laporan Agustina Suminar | Senin, 21 Januari 2019 | 14:19 WIB
Command Center 112 Surabaya melakukan kunjungan ke Radio Suara Surabaya, Senin (21/1/2019). Foto: Tina suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kali ini, Command Center 112 Surabaya melakukan kunjungan ke Radio Suara Surabaya, untuk berbagi pengalaman dalam melayani masyarakat Kota Surabaya.

Dalam kunjungan kali ini, Command Center melihat berbagai proses produksi berita, baik di on air maupun di divisi New Media yang mengolah keluhan masyarakat melalui sosial media.

Tidak hanya melihat saja, mereka juga bertanya tentang seluk beluk kerja media di Radio Suara Surabaya.

"Akhirnya teman-teman Command Center bisa kesini untuk belajar agar komunikasinya bisa bagus, kalau bisa kerjasama dengan manajemen komunikasi agar teman-teman diajari komunikasi menggali data-data," ujar Djaenal Iswandik Koordinator Command Center kepada suarasurabaya.net, Senin (21/1/2019).



Command Center 112 Surabaya mengunjungi divisi on air.

Menurutnya, masyarakat Surabaya masih "takut" untuk melaporkan kejadian kepada Command Center, dan lebih memilih Radio Suara Surabaya.

Sehingga, ia ingin masyarakat Surabaya ikut melaporkan kejadian tidak hanya di Radio Suara Surabaya, namun juga ke Command Center 112.

"Kekurangan kita di komunikasi dan penggalian data, itu bagaimana kita agar masyarakat Surabaya kalau ke 112 bisa langsung ditangani. Nah dulu-dulu itu kan laporannya di Suara Surabaya, misal ada sepeda motor hilang langsung ketemu. Bagaimana teman-teman (Command Center, red) ini bisa langsung menarik orang-orang, biar ke 112 agar solusinya langsung ditangani," paparnya.

Eddy Prastyo Manajer Divisi New Media Suara Surabaya berharap, melalui kerjasama ini, Radio Suara Surabaya dan Command Center 112 Surabaya dapat memiliki kepercayaan lebih dari masyarakat Surabaya yang ingin melaporkan keluhan mereka.


Eddy Prastyo Manajer Divisi New Media Suara Surabaya (kanan) saat media sharing dengan Command Center 112 Surabaya.

Selain kerjasama dalam hal data, Eddy menginginkan bahwa akan diadakan evaluasi dalam periode tertentu. Ini bertujuan untuk selalu meng-update keluhan di masyarakat dalam berbagai kasus.

"Akan ada evaluasi untuk memperbaiki capaian-capaian dan target. Kita saling menutup kelemahan dan menambah kebaikan dari masing-masing," tambahnya.

Command Center sendiri merupakan ruang kendali darurat untuk mengatasi segala permasalahan yang terjadi. Pelayanan pengaduan yang bersifat darurat tersebut diresmikan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya pada 26 Juli 2016 lalu.(tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.