KAMPOENG MEDIA

Kacong dan Cebing Ajak Remaja Baper dan Jaim

Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 31 Maret 2019 | 15:16 WIB
Juara Kacong Cebing Kapolda Cup terpilih mengunjungi Suara Surabaya untuk menyapa pendengar Radio Suara Surabaya, Minggu (31/3/2019). Foto: Restu suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Juara Kacong dan Cebing Kapolda Cup terpilih mengunjungi Suara Surabaya untuk menyapa pendengar Radio Suara Surabaya, Minggu (31/3/2019).

Cebing Fira salah satu Kacong Cebing terpilih mengatakan, Kacong dan Cebing ini adalah duta wisata di Madura khususnya di empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

"Misalnya di Kabupaten Sumenep, ada 126 pulau dengan 1001 sejarahnya," kata Cebing Fira saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Sementara, Kacong Fais mengatakan, motivasinya mengikuti ajang ini adalah untuk memberikan dampak positif bagi remaja.

"Karena kurang afdol kalau remaja kurang berprestasi. Saya pengen tahu potensi di bidang budaya karena saya cinta budaya, khususnya budaya Jawa Timur," ujar dia.

Setelah terpilih, lanjut Kacong Fais, tugas Kacong dan Cebing tidaklah sedikit. Mempromosikan destinasi wisata budaya hanya satu dari tugas mereka.

Mereka juga menjadi pelopor garda terdepan untuk memberikan dampak masyarakat mengenai tertib berlalu lintas, tidak memakai narkoba, serta menjunjung tinggi keamanan dan ketertiban.

Tak hanya itu, kata Cebing Fira, mereka juga menjabat sebagai empat duta sekaligus. Selain duta wisata, mereka juga menjadi duta antihoaks, duta anti narkoba, dan duta Kamtibmas.

Sebagai duta wisata, kata dia, mereka akan sering bertemu masyarakat dan harus mampu menjadi teladan bagi remaja.

"Kalau bukan kita siapa lagi, kalau nggak sekarang kapan lagi? Sederhana namun bermakna. Jadilah remaja yang Baper (Bawa Perubahan) dan Jaim (Jaga Iman)," katanya.

Kacong Fais mengatakan, tentu setiap daerah punya role model masing-masing. "Yang penting kita terus menambah minat bakat yang positif. Peran penting kita sendiri untuk memfilter agar tidak terlibat hal buruk," ujarnya.

"Matur Sakalangkong Suara Surabaya, semoga nanti ke depannya bisa bekerjasama terutama dalam memerangi berita hoaks. Karena sinergitas dengan media ini sangat penting sekali. Semoga Kacong Cebing ini bisa memajukan Jawa Timur khususnya Madura," pungkasnya. (dwi/den)
Editor: Denza Perdana



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.