KAMPOENG MEDIA

Perkenalkan Radio Sedari Dini, SDK Elyon Ajak Siswa Kunjungi SS

Laporan Agustina Suminar | Senin, 30 September 2019 | 13:57 WIB
Siswa-siswi dari SDK Elyon Surabaya saat berkunjung ke Kantor Suara Surabaya Media, di Jalan Wonokitri Besar 40C, Surabaya, Senin (30/9/2019). Foto: Aji Suara Surabaya
suarasurabaya.net - Sebanyak 68 siswa-siswi dari Elyon Christian School atau SD Kristen Elyon Surabaya, mengunjungi Kantor Radio Suara Surabaya, Senin (30/9/2019). Kunjungan ini bertujuan untuk lebih mengenalkan media radio, yang mulai jarang didengarkan oleh anak-anak seusia mereka.

"Anak-anak zaman sekarang kan dengarkan radio murni jarang sekali, kalau orang tua mereka mungkin. Jadi supaya mereka tahu radio itu apa, kenapa kita bisa didengar, fungsinya apa, biar mereka belajar," kata Ully, salah satu guru kelas 5 SDK Elyon kepada suarasurabaya.net.


Para siswa dari SDK Alyon mengunjungi ruangan gatekeeper Radio Suara Surabaya. Foto: Tina suarasurabaya.net

Menurutnya, dengan mengunjungi Radio Suara Surabaya, para siswa mengetahui bagaimana distribusi pesan dalam radio, yang kemudian disalurkan hingga menjangkau banyak pendengar.


Dengan begitu, Ully berharap siswa-siswinya menjadi tahu untuk apa tujuan radio dibuat, sehingga mereka dapat menggunakan media secara baik dan bijak.

"Kalau sudah tahu begini, mereka bisa menggunakan media dengan baik. Ini loh, radio, tujuannya seperti ini, bagaimana mengggunakannya secara baik, dan lain-lain," tambah Ully.


Ully, salah satu guru menjelaskan tentang radio kepada para siswa. Foto: Tina suarasurabaya.net

Disamping memperkenalkan radio sebagai sumber informasi, Ully juga mengajarkan radio sebagai salah satu bisnis dalam industri media. Menurutnya hal ini penting, agar para siswa tahu bahwa ada yang namanya bisnis media di Surabaya.

Selama kunjungan, para siswa ini diajak melihat langsung proses siaran di ruangan gatekeeper yang terkoneksi dengan ruangan siaran. Disana mereka dijelaskan peristiwa apa saja yang terjadi dan disiarkan di radio.

Widya, salah satu penyiar menjelaskan peristiwa kebakaran yang ada di Surabaya kepada para siswa, "nah, ini nih misalnya, ada yang melaporkan kebakaran,". Pernyataan itu dijawab riuh oleh siswa yang ada di ruangan, "loh, kok bisa ada kebakaran sampai kesini (radio,)?". Kemudian Widya menjelaskan secara ringkas bagaimana informasi dapat sampai ke ruang siar.

Terlihat para siswa yang terdiri dari kelas 5A-5C ini sangat antusias melihat beragam proses di ruang siaran Radio Suara Surabaya. Mereka bertanya dan melihat langsung bagaimana gatekeeper memberikan dan menerima informasi dari pendengar.

"Mereka sangat semangat. 'Oh, radio ya Miss, ya', mereka tidak punya bayangan apa itu radio. Jadi pas diajak kesini mereka antusias. Sebelumnya mereka cuma tahu bentuk radionya saja," tutup Ully.(tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.