KAMPOENG MEDIA

Mahasiwa Baru UC Kunjungi SS untuk Pelajari Seluk Beluk Radio

Laporan Agustina Suminar | Selasa, 12 November 2019 | 14:26 WIB
Dua mahasiswa Fikom dari Universitas Ciputra beserta puluhan mahasiswa yang lain mengunjungi ruang siaran Radio Suara Surabaya di Jalan Wonokitri Besar No.40C, Surabaya, Selasa (12/11/2019). Foto: Tina suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Mahasiswa baru dari Fakultas Komunikasi (Fikom) Universitas Ciputra Surabaya mengunjungi Radio Suara Surabaya (SS) pada Selasa (12/11/2019). Sebanyak 30 mahasiswa-mahasiswi beserta dosen pembimbing ini berkunjung ke SS karena ingin mempelajari tentang seluk-beluk radio.

Monika Teguh dosen pendamping mengatakan, para mahasiswa sangat antusias untuk berkunjung ke Radio SS. Apalagi, radio bagi generasi muda terdengar asing karena kebanyakan dari mahasiswa berkecimpung ke dunia digital untuk memperoleh informasi.

"Kebanyakan mereka mendengar, tapi baru ini menginjakkan kaki di SS. Sengaja kami ajak ke kantornya langsung karena kami berharap mendapat pengalaman dari Suara Surabaya yang saat ini bukan lagi radio," kata Monika.

Radio Suara Surabaya dipilih karena menurutnya, Radio SS tidak lagi sekadar media radio, namun lebih dari itu, karena telah berkonvergensi dengan media digital yang lain.


"Awalnya radio, lalu berkembang, berkonvergensi media, sudah berkembang banyak media di dalam medianya SS. Pak Errol (CEO Suara Surabaya Media) bilang bahwa perkembangan media sudah sangat pesat sekali," tambahnya.

Sebelum diajak berkeliling ke ruang siaran dan office tour, mereka terlebih dulu diberi arahan oleh Imam Dwihartanto Manejer On Air Suara Surabaya untuk pengenalan awal tentang Radio Suara Surabaya.

"Apa yang kalian ketahui tentang Radio Suara Surabaya?". Pertanyaan dari Imam kepada mahasiswa ini menjadi pemantik diskusi pada Selasa siang. Para mahasiswa pun antusias untuk sharing pengalaman tentang radio.


Imam Dwihartanto Manejer On Air Suara Surabaya saat mengisi pengenalan Radio Suara Surabaya. Foto: Tina suarasurabaya.net

Setelah sekitar 30 menit mereka berdiskusi, para mahasiswa diajak berkeliling, salah satunya di ruang siaran. Disana, beberapa gatekeeper menjelaskan mengenai proses siaran dan bagaimana pendengar mendapatkan berita dari pendengar dan beberapa jajaran pemerintahan.

Bahkan, dua perwakilan dari mereka on air langsung dan menyapa warga Surabaya.

Setelah itu, mereka mengunjungi ruang divisi New Media. Disana mereka disambut oleh Totok Sumarno reporter suarasurabaya.net. Mereka juga menanyakan tentang produksi digital yang membangun konvergensi Suara Surabaya Media.


Para mahasiswa kunjungi ruanga divisi New Media. Foto: Tina suarasurabaya.net

Monika berharap, dengan adanya kunjungan ini, para mahasiswa dapat belajar tidak hanya radio sebagai media komunikasi, tapi juga sebagai industri bisnis.

"Kami berharap melalui kunjungan ini mereka dapat gambaran kerja di media," ujarnya.(tin/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.