Kamis, 20 Juni 2024

Genap 7 Hari, 7 Tahanan Kabur Ditangkap Kembali

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kombespol M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya saat menggelar rilis atas tertangkapnya kembali 7 tahanan Polsek Tambaksari yang melarikan diri. Foto: Humas Polestabes surabaya

Tujuh tahanan Polsek Tambaksari yang kabur berhasil ditangkap kembali oleh aparat kepolisian.

“Alhamdulillah, setelah genap 7 hari, ke 7 tahanan yang kabur dari tahanan Polsek Tambaksari seluruhnya berhasil kami tangkap kembali,” ujar Kombespol M Iqbal Kapolres Surabaya, saat memaparkan rilis yang dilaksanakan Senin (24/4/2017) di Mapolres Surabaya.

Kapolrestabes memberikan apresiasi atas kinerja jajarannya yang dengan penuh kesungguhan, penuh kerja keras, detil dan berupaya penuh sehingga ketujuh tahanan berhasil ditangkap kembali.

“Kepada Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kapolsek Tambaksari serta seluruh tim yang melakukan kerja keras, pengejaran dan penggerebekan sehingga ketujuh tahanan yang kabur itu kembali kami tangkap, saya sampaikan apresiasi,” kata Iqbal.

Dua dari tujuh tahanan yang melarikan diri dari Polsek Tambaksari dan kembali ditangkap, masing-masing berinisial R dan I alias S diduga keras sebagai inisiator pelarian dari tahanan.

“Tersangka R dihantui rasa takut masuk Rutan Medaeng. Sedangkan tersangka I alias S ingin bertemu dengan ibunya. Keduanya memang masih muda, dan keduanya menggunakan celah jeruji kamar mandi tahanan yang dijebol menggunakan balok kayu untuk melarikan diri diikuti 5 tahanan lainnya,” papar Iqbal.

Tempat pelarian tahanan tersebut yang terjauh adalah ke Blora, Jawa tengah.

Atas perbuatannya bersama-sama melakukan pengrusakan, persangkaan ketujuh tahanan ditambah dengan Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun 6 bulan.

“Sedangkan untuk tersangka I alias S yang diduga sebagai inisiator akan kami lakukan pemeriksaan lebih mendalam karena terlibat dalam pemalsuaan dokumen dan melanggar Pasal 263 KUHP,” ujar Iqbal.

Kapolrestabes Surabaya menegaskan bahwa pihaknya terus meningkatkan keterampilan serta memberikan oencerahan pada para tahanan dalam nilai-nilai spiritual dan agama.

“Saat ini 23 Polsek diwilayah Polrestabes melakukan peningkatan penguatan dan pembangunan infra struktural yang ada, agar peristiwa ini tidak terulang kembali dimasa mendatang,” pungkas Kombespol M. Iqbal Kapolrestabes Surabaya.(tok/iss/fik)

Kurs
Exit mobile version