Selasa, 30 April 2024

Ini Jalur dan Waktu Yang Diprediksi Akan Terjadi Kemacetan Saat Mudik

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Kemacetan di jalur Duduk Sampeyan, Gresik. Foto: dok suarasurabaya.net

Dalam mudik lebaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pemudik. Terutama waktu dan daerah mana yang sering terjadi kemacetan. Seperti di jalur utara, terdapat di wilayah Simpang 4 Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik.

Di jalur ini, polisi menganggap rawan kemacetan, ruas panjang kemacetannya diperkirakan bisa mencapai satu kilometer. Rata-rata kendaraan dari arah Surabaya, kemudian dari arah Lamongan, kemacetannya diperkirakan bisa satu kilometer.

“Waktu kemacetannya, saat arus mudik lebaran ini diperkirakan dari jam 08.oo WIB hingga jam 17.00 atau lima sore,” kata Kombes. Pol Ibnu Isticha Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) didampingi AKBP Guritno KBO Ditlantas Polda Jatim.

Kemudian Ketapang – Banyuwangi, di jalur utara ini kemacetannya bisa mencapai sekitar 7 kilometer, estimasi waktunya dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sedangkan jalur tengah, seperti simpang empat Mengkreng, Kediri, bakal akan ada penumpukan kendaraan saat arus mudik.

Waktu kemacetannya diperkirakan terjadi dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Faktornya, karena selain volume kendaraan tinggi ada 38 kali kereta api melintas dengan waktu kurang lebih sekitar 10 hingga 15 menit. Sehingga terjadi antrian kendaraan, dari arah Surabaya maupun dari Nganjuk.

Faktor lainnya, karena separuh badan jalan di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak orang berdagang oleh-oleh khas Jawa Timur, kemudian menurunkan dan menaikan penumpang di dekat perlintasan kereta api.

“Serta terjadi crosing dari arah Nganjuk menuju Kediri, selanjutnya dari Kediri menuju Surabaya,” kata AKBP Guritno.

Untuk jalur selatan sendiri, kata Guritno, terdapat di Pasar Lawang, Pasuruan. Penyebab kemacetannya, meningkatnya volume kendaraan, bahu jalan digunakan berdagang, lahan parkir terbatas, dan banyak bus maupun angkutan MPU menaikan, menurunkan penumpang.

Kemudian di simpang 3 Karang Loh, penyebab kemacetannya karena volume kendaraan dari arah Surabaya dan dari arah Malang Kota, antrian kendaraan di traffic light simpang tiga karangloh dari arah Surabaya menuju tempat wisata Batu.

Setelah itu di simpang taman Dayu, Pasuruan, faktor penyebab kemacetannya karena volume kendaraan, antrian arus kendaraan dari arah Malang pada traffic light simpang Taman Dayu menuju pintu tol Pandaan, kemudian terjadi crosing di simpang empat Sengon Agung.

“Rata-rata waktu jam kemacetan saat arus mudik di jalur selatan ini dari jam sepuluh pagi hingga jam sembilan malam,” ujarnya.

Dengan ditunjukan waktu dan titik lokasi kemacetan tersebut, polisi berharap para pemudik bisa memanfaatkannya. Supaya menghindari di waktu-waktu yang sudah diberitahukan dan daerah mana yang harus dihindari.(bry/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version