Selasa, 30 April 2024

Pendiri Tokopedia Bakal Berbagi Ilmu di ITS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Ratusan mahasiswa dan calon wisudawan ITS ke 115, Rabu (15/3/2017) bakal mengikuti kuliah enterpreneur oleh William Tanuwijaya pendiri aplikasi belanja online Tokopedia, bertempat di Gedung Pusat Robotika ITS, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya.

“Ini merupakan seri kedua dari kegiatan #KSPGoestoSchool. Semangatnya sama, berbagi spirit kewirausahaan kepada generasi muda agar benar-benar bisa mandiri selepas menyelesaikan studi,” kata Denni Puspa Purbasari, Deputi III Kepala Staf Kepresidenan.

Seri pertama #KSPGoestoSchool berlangsung pada 4 Februari 2017 lalu, dengan menghadirkan Arif Rachmat, CEO Triputra Agro Persada yang disambut antusias sekitar 300 siswa SMAN 1 Teladan Yogyakarta.

Dijadwalkan William Tanuwijaya hadir membagi kiatnya membangun dan mengelola Tokopedia, situs belanja online terdepan di Indonesia. Pria 36 tahun asal Pematang Siantar ini mengawali mimpinya sepuluh tahun lalu, bagaimana bisa mendirikan start-up sesuai visi awalnya yakni memiliki perusahan internet sendiri.

Melalui berbagai proses, ide besar itu baru resmi diwujudkan dua tahun kemudian. Dan, 17 Agustus 2009, menjadi tonggak bersejarah saat Tokopedia resmi diluncurkan ke publik, setelah William dan duetnya Leointinus Alpha Edison, berjuang keras mengatasi berbagai masalah, terutama permodalan.

Tokopedia telah menyabet berbagai penghargaan seperti Marketer of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc dan terpilih sebagai Best Company in Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.

“Belajar percaya kepada diri sendiri ketika tidak ada yang percaya pada mimpi kita,” kata William, mantan penjaga warnet yang kini mempekerjakan lebih dari 1.000 orang, dan menjual lebih dari 20 juta produk dari 1,5 juta merchant per bulannya, seperti dilansir dalam siaran persnya yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (14/3/2017).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version