Sabtu, 20 April 2024

Ratusan Orang Meninggal Akibat Listeriosis, Produk Daging di Swalayan Ditarik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Pasar swalayan Afrika Selatan pada Minggu (4/3/2018) memulai penarikan massal produk daging yang dibuat di sebuah fasilitas yang menurut pemerintah merupakan sumber wabah listeriosis.

Listeriosis telah merenggut 180 nyawa sejak Januari 2017. Listeriosis disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di tanah, air, vegetasi dan kotoran hewan, serta bisa mengontaminasi makanan, terutama daging segar, susu dan hidangan laut.

Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dasar dan mencuci makanan.

Pick n Pay Waralaba pasar swalayan terbesar kedua di Afrika Selatan, mengatakan mereka segera bertindak menarik semua produk dari lokasi pabrik yang diidentifikasi Kementerian Kesehatan.

“Semua lemari es dan area persiapan makanan di toko kami sekarang akan dibersihkan guna mencegah kontaminasi silang. Daging yang ditarik diisolasi dan akan dihancurkan dengan aman,” kata Pick n Pay, yang memiliki 1.420 toko di Afrika Selatan, dilansir Antara, Senin (5/3/2018).

Mereka memperingatkan bahwa sejumlah retailer kemungkinan turut terdampak.

Aaron Motsoaledi Menteri Kesehatan sebelumnya mengungkap bahwa wabah saat ini dimulai di sebuah fasilitas yang dijalankan Enterprise foods di Polokwane, ibu kota provinsi Limpopo. Dia memperingatkan bahwa dua lokasi lainnya juga bisa terdampak. (ant/ang/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs