Selasa, 30 April 2024

57 Tim Ramaikan Triathlon Surabaya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sejumlah peserta bersaing di Lomba Triathlon yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya di Sungai Kalimas, Ngagel, Kota Surabaya, Jatim, Minggu (24/11/2019). Foto: Istimewa

Sebanyak 57 tim, masing-masing beranggotakan lima orang menyemarakkan Lomba Triathlon yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya di Sungai Kalimas, Ngagel, Kota Surabaya, Jatim, Minggu (24/11/2019).

Arief Setya Purwanto Kabid Pembinaan Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya mengatakan, Lomba Triathlon adalah kegiatan olahraga menggabungkan tiga cabang: lari, renang, dan dayung.

“Peserta yang ikut Lomba Triathlon ini datang dari berbagai kalangan, mulai pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa hingga kalangan profesi seperti TNI/Polri,” katanya dilansir Antara.

Menurut dia, untuk memenangkan lomba ini tidak mengandalkan kecepatan dan kekuatan, melainkan ketepatan waktu sesuai ketentuan yang ditetapkan. Sedangkan untuk menjadi pemenang para peserta harus pandai mengatur waktu.

Dalam lomba ini, lanjut dia, waktu yang harus dicapai untuk peserta putra 22 menit, sedangkan peserta putri 28 menit. “Intinya bagaimana menjaga kekompakan tim. Memang, dalam satu tim kadang ada peserta yang tertinggal,” kata Arief.

Lomba Triathlon diawali dengan lomba lari, dengan rute Taman Ngagel–Jembatan Ujung Galuh–Darmo Kali–Jagir Wonokromo kemudian kantor Jasa Tirta. Jarak tempuh lari sepanjang dua kilometer dan jeda antartim sekitar dua menit.

Setelah peserta menyelesaikan lari, tahap berikutnya adalah berenang. Rutenya, dimulai depan SDN 1 Ngagel sampai Jembatan Bungkuk, dengan jarak tempuh 200 meter. Etape ini sepertinya paling berat bagi peserta, meski radiusnya tak terlalu jauh.

Namun, lanjut dia, mereka wajib menyusuri sungai dengan berenang. Untuk keamanan, setiap peserta menggunakan jaket pelampung berwarna orange, milik BPB Linmas. Di akhir etape renang, pihak panitia menyiapkan dua hingga tiga perahu karet.

Setelah melewati dua tahap yang menguras tenaga, tak jarang peserta kadang kesulitan naik ke atas perahu. Jika dalam selang beberapa waktu tak mampu naik, petugas yang standby membantu mereka agar bisa melanjutkan tahap dayung.

Meski terkesan mudah, tinggal menggerakkan dayung, tetapi beberapa diantara peserta Triathlon justru kesulitan melaju di tengah arena. Bahkan, ada perahu yang lajunya hanya berputar-putar arahnya.

Lomba tersebut menjadi tontonan yang menghibur bagi warga yang menyaksikan di pinggir kali. Di stren Kalimas, banyak warga yang menonton lomba Triathlon, karena letak tempat tinggal mereka hanya beberapa meter dari bantaran sungai.

Untuk sampai garis finis di Taman Ngagel, para peserta harus bersusah payah mengayuh perahu dengan jarak 300 meter. Lomba Triathlon biasanya diselenggarakan di sekitar Taman Prestasi. Pengalihan lokasi lomba, karena debit air di area Taman Prestasi yang kecil.

Menurutnya, dengan kegiatan lomba ini, diharapkan, bisa mengenalkan fun water sport kepada masyarakat, dan menjaga kebersihan lingkungan sungai.

“Selain itu untuk melatih fisik dan kekompakan tim atau komunitas yang mengikuti lomba ini,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version