Sabtu, 20 April 2024

Cegah Penyebaran Covid-19, IKBA Untag Surabaya Salurkan Wastafel Portable

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyerahan wastafel portable untuk pencegah penyebaran Covid-19 dari IKBA Untag Surabaya. Foto: Humas Untag

Ikut mencegah penyebaran Covid-19, IKBA Untag Surabaya, Rabu (13/5/2020) salurkan donasi wastafel portable untuk cuci tangan, serta sembako dan kebutuhan lain bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus Untag.

Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Rabu (13/5/2020) menyerahkan donasi berupa empat unit wastafel portable kepada almamaternya, Untag Surabaya dimasa pandemi Covid-19 ini agar dapat dimanfaatkan mahasiswa.

Secara simbolis, satu buah unit wastafel portable ini diserahkan secara langsung oleh Tommy Wibowo, perwakilan IKBA kepada Muaffaq A. Jani Wakil Rektor III Untag Surabaya.

Berbeda dengan wastafel portable pada umumnya, pengguna tidak perlu menyentuh keran air untuk mencuci tangan. Pengguna hanya perlu menginjak pedal yang terhubung pada keran air dan juga wadah sabun. Praktis dan hygienis.

“Alat ini dari alumnus arsitek dan beberapa prodi lain yang memberikan sumbangsih ide juga, jadi betul-betul kita tidak boleh megang atau menyentuh. Jadi menggunakan kaki untuk menginjak pedal dan wastafel portable mengucurkan air,” terang Tommy Wibowo.

Hal ini bertujuan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19, yang berdasarkan jurnal ilmiah bisa ditularkan dari perantara tubuh manusia satu diantaranya melalui tangan.

Untuk keempat unit wastafel portable tersebut nantinya akan diletakkan pada tempat-tempat strategis di Untag Surabaya, yang diantaranya merupakan titik kumpul mahasiswa atau kerap dilalui mahasiswa. “Satu nanti akan diletakkan di masjid, yang lainnya di sekitaran kampus, tempat biasanya banyak mahasiswa berkumpul,” tambah Tommy.

Kegiatan penyaluran donasi oleh IKBA Untag Surabaya ini merupakan bentuk kepedulian dari alumni pada warga masyarakat dan mahasiswa terdampak Covid-19. Pandemi Covid-19 yang cukup berdampak pada perekonomian masyarakat membuat alumni Untag Surabaya lintas jurusan maupun angkatan tergerak untuk membantu.

Sekurangnya 300 paket bantuan sosial berupa sembako dan masker dijadwalkan akan dibagikan oleh para alumnus, pada kampus (pegawai golongan 1 dan mahasiswa) serta masyarakat sekitar kampus yang terdampak Covid-19.

“Ada sekurangnya 300 paket yang diberikan dengan 70% diantaranya dialokasikan untuk kampus sendiri sedangkan sisanya, nanti akan dialokasikan dan disalurkan bagi warga masyarakat sekitar kampus Untag,” ujar Tommy.

Sementara itu Dr. Ir. Muaffaq A. Jani, M.Eng, Wakil Rektor III Untag Surabaya mewakili kampus Untag Surabaya pada penyerahan donasi dari IKBS ini mengaku sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan IKBA (Ikatan Keluarga Besar Alumni) Untag Surabaya.

“Kami mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi alumni dalam membantu pelaksanaan penanganan Covid-19 yang tentu saja hal ini bisa mengenai kita semua. Bantuan ini tentunya juga sangat bermanfaat,” terang Muaffaq A. Jani.

Menurut Muaffaq, kegiatan seperti ini merupakan bentuk peran alumni sebagai media sosialisasi pada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 diantaranya dengan rajin cuci tangan. Sekaligus donasi ini juga untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat.

Dosen Fakultas Teknik itu juga memuji wastafel portable yang didonasikan. Muaffaq menyampaikan bahwa alat yang diberikan cukup bagus dan bermanfaat lantaran mengurangi proses bersentuhan tangan secara langsung dengan medianya.

Sebelumnya, kata Muaffaq kampus Untag Surabaya juga mendonasikan bantuan melalui pengumpulan donasi yang dihimpun oleh Gugus Satuan Tugas Covid-19 Untag Surabaya.

“Sebelumnya kami, Untag Surabaya juga telah memberikan bantuan berupa masker pada 10 Puskesmas yang ada disekitar kampus dengan total 2000 masker yang diberikan kepada Puskesmas untuk para tenaga medis,” tambah Muaffaq.

Tidak hanya itu, bagi mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19 dan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saat ini, juga mendapat bantuan sosial berupa sembako.

Dari catatan yang ada, total sekitar 250 mahasiswa yang mendapat bantuan, karena mereka masih berada di tempat kos yang berada di sekitar kampus. Muaffaq berharap penyaluran donasi dari alumni ini mampu memberi dampak lebih besar dan lebih luas sehingga bisa memberikan manfaat juga bagi masyarakat sekitar kampus.(tok/tin/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version