Selasa, 30 April 2024

Disiplin Protokol Kesehatan Kolektif Lebih Efektif Mencegah Penularan Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Covid-19. Foto: Biro Pers Setpres

Satgas Penanganan Covid-19 tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat.

Karena, kunci utama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak fisik dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyebut kepatuhan terhadap protokol kesehatan lebih efektif mencegah penularan kalau dilakukan secara kolektif.

“Kalau kita sudah patuh pada protokol kesehatan, jangan lupa mengingatkan orang lain juga untuk patuh pada protokol kesehatan,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Dokter Wiku merujuk beberapa jurnal internasional yang menyatakan mencuci tangan dengan sabun menurunkan risiko penularan sekitar 35 persen.

Sedangkan memakai masker kain bisa menurunkan risiko penularan sekitar 45 persen, memakai masker bedah bisa menurunkan risiko penularan mencapai 70 persen.

Kemudian, yang paling utama adalah menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain bisa menurunkan risiko penularan sampai dengan 85 persen.

“Masyarakat harus yakin setiap usaha yang dilakukan akan membuahkan hasil. Asalkan konsisten dan kolektif melakukan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan dilakukan secara sungguh-sungguh,” pungkasnya. (rid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version