Kamis, 2 Mei 2024

Irjen Napoleon Tersangka Red Notice Djoko Tjandra Tidak Ditahan karena Alasan Penyidik

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Irjen Pol Napoleon Bonaparte. Foto: Istimewa

Brigjen Pol Awi Setiyono Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri mengatakan, tidak ditahannya Irjen Pol Napoleon Bonaparte yang sudah ditetapkan tersangka kasus dugaan gratifikasi pengurusan pencabutan red notice karena pertimbangan penyidik.

“Tentunya penyidik tetap berpedoman kepada KUHAP, sudah diatur bahwa untuk menahan atau tidak seseorang itu ada syarat subyektif dan obyektifnya,” kata Brigjen Awi di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Sebagaimana dilansir Antara, Karopenmas Awi membantah alasan Napoleon tidak ditahan karena perwira tinggi.

“Tidak (bukan karena pangkat jenderal bintang dua). Murni semua proses penyidikan, semua hak prerogatif (penyidik),” katanya.

Hari ini Napoleon kembali menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, Jakarta. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka lain dalam kasus dugaan gratifikasi pencabutan red notice.

“Jadi tersangka ini diperiksa sebagai saksi untuk tersangka lainnya,” kata Awi.

Tak hanya Napoleon, hari ini penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga tersangka lainnya, yakni Brigjen Pol Prasetijo Utomo, Tommy Sumardi, dan Djoko Soegiarto Tjandra.

“Tiga tersangka sudah hadir kecuali tersangka atas nama TS,” tutur Awi.

Dalam mengungkap kasus ini, penyidik tidak mengejar pengakuan tersangka, namun bekerja berdasarkan investigasi kejahatan secara ilmiah.

“Penyidik tidak mengejar pengakuan, penyidik bekerja sesuai dengan scientific crime investigation,” katanya.

Untuk itu, sehari sebelumnya penyidik telah melakukan rekonstruksi tentang kasus dugaan gratifikasi pengurusan pencabutan red notice.

Rekonstruksi itu dilaksanakan berdasarkan rekaman CCTV di lantai satu Gedung TNCC Mabes Polri.

Dalam kasus dugaan gratifikasi pengurusan penghapusan red notice, penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri sejauh ini telah menetapkan status tersangka kepada Djoko Tjandra, Tommy Sumardi, Brigjen Prasetijo Utomo dan Irjen Napoleon Bonaparte. (ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version