Selasa, 30 April 2024

Jembatan Jompo Ambrol, Sembilan Ruko Masuk Sungai

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ruko-ruko yang ada ada di pinggir Jembatan Jompo, Jember, yang ambrol pada Senin (2/3/2020) pagi. Foto: Istimewa

Jembatan Jompo yang terletak di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, ambrol akibat longsor pada Senin (2/3/2020) sekitar pukul 04.00 WIB. Sebanyak sembilan ruko ambles masuk ke dalam sungai. Sedangkan tujuh ruko sisanya berpotensi ambles karena badan bangunan yang sudah retak.

Heru Widagdo Kabid Kedaruratan BPBD Jember mengatakan, jembatan Jompo sudah terlihat miring sejak tahun lalu. Lalu pada Minggu (1/3/2020) kemarin, hujan deras terus mengguyur kawasan tersebut sejak siang, sehingga membuat jempatan Jompo dengan luasan 43 meter dan lebar 10 meter, ambrol.

“Ini jembatan Jompo melintang di Sungai Jompo membelah kota Jember, dekat alun-alun. Di pinggir-pinggirnya ada ruko, ada 9 ruko yang ambrol masuk sungai. Yang potensial roboh masih ada 7 ruko karena bangunannya sudah retak-retak,” kata Heru Widagdo kepada Radio Suara Surabaya, Senin (2/3/2020) pagi.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena semua ruko sudah dikosongkan. Pihaknya beserta beberapa jajaran sebelumnya sudah meminta para pemilik ruko untuk mengosongkan bangunan dan menyelamatkan barang-barang berharga.

“Memang sudah agak turun (jembatan Jompo, red). Makanya dikosongkan ruko-ruko semuanya. Sejak Januari sudah miring,” ujarnya.

Ia mengatakan, daerah tersebut memang menjadi kawasan padat kendaraan bagi kendaraan yang mengarah Surabaya atau ke kota Jember.

“Memang itu jalan provinsi Jember-Banyuwangi, Jember-Surabaya juga kesitu. Jadi kendaraan-kendaraan besar yang mau ke kota lewat ini. Sekarang masih bisa dilewati tapi sebagian badan jalan, kalau dilalui aman,” paparnya.

Heru mengimbau kepada warganya untuk tidak berkerumun di sekitar lokasi karena kondisi jalan yang berpotensi adanya longsor susulan.

“Imbauannya, hati-hati kepada warga jangan terlalu dekat dengan TKP karena ada retakan-retakan lain,” tambahnya.(tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version