Rabu, 1 Mei 2024

RS Siloam Punya Metode Tes Swab Covid-19 Baru dalam Hitungan Menit

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Siloam Hospitals. Foto: Siloam Hospitals

Siloam Hospitals menghadirkan tes usap pendeteksi Covid-19 dengan metode yang diklaim terbaru bernama tes molekuler isotermal. Tes ini diklaim berperforma tinggi dengan hasil dalam hitungan menit.

Pengumpulan sampel tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, yang mana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal.

RS Siloam mengeklaim, dengan metode ini waktu proses pemeriksaan sampel dari pasien jauh lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes mencapai 95.0 persen dan spesifisitas 97.9 persen.

Caroline Riady Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group bilang berharap layanan tes molekuler isoterma ini memudahkan masyarakat mengakses tes Covid-19 dengan performa tinggi.

“Performa tes dengan alat Abbott Id Now ini teruji dan terbukti global dalam deteksi Covid-19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (20/11/2020).

Caroline mengeklaim, cuma butuh lima menit untuk hasil tes positif dan 15 menit kalau negatif. Tidak cuma itu, tes ini mudah diakses dan diterapkan sebagai penggunaan POCT (Point of Care Test).

Dia juga mengeklaim, lewat teknologi dari Amerika Serikat yang tersertifikasi FDA EUA, CLIA Waived, dan CE Eropa ini kesalahan hasil tes (false positive test result) ini sangat minimal.

Selain sesuai diterapkan untuk pasien dengan onset gejala kurang dari tujuh hari, tes ini juga sesuai untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap.

Sifatnya yang portabel atau mudah dibawa juga memungkinkan layanan tes molekuler isotermal ini tidak terbatas hanya bisa dilakukan di lingkungan rumah sakit saja. Tetapi juga ke rumah pasien.

“Kami menyediakan layanan tes di rumah (home care). Silakan hubungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk dapat informasi layanan tes on-site maupun home care,” kata Caroline.

Dalam konferensi pers virtual itu, Caroline menyatkan bahwa Siloam Hospitals telah melakukan lebih dari 1 juta tes Covid-19 atau hampir 5 persen terhadap pangsa nasional dan merawat lebih dari 9.000 kasus konfirmasi positif di Indonesia.

Penyediaan tes dengan metode baru ini dia harapkan bisa memberikan kontribusi lebih untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran Covid-19 secara lebih efektif.

Tes molekuler isotermal ini telah tersedia di seluruh RS Siloam dengan harga khusus mulai Rp999 ribu setiap orangnya untuk minimum 10 orang. Tes ini bersanding dengan tes lain yang tersedia.

Semua RS Siloam Hospitals Grup di Indonesia, kata Caroline, kita telah menyediakan tes COVID-19 secara komprehensif dari tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), sampai tes molekuler (RT-PCR dan isotermal).

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama,” ujarnya.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version