Kamis, 18 April 2024

KH Agus Sunyoto Ketua Lesbumi PBNU Meninggal Dunia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
KH Agus Sunyoto Ketua Lembaga Seniman, dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU. Foto: Muslim Moderat

KH Agus Sunyoto Ketua Lembaga Seniman, dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU meninggal dunia pada Selasa (27/4/2021), usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut dr Ramelan, Surabaya, Jawa Timur.

“Iya, benar. Mohon doanya,” kata Fathul H Panatapraja Sekretaris Lesbumi NU Kota Malang saat dikonfirmasi media di Kota Malang, Jawa Timur, seperti dilaporkan Antara, Selasa (27/4/2021).

Fathul mengatakan ia mendapatkan informasi bahwa almarhum yang merupakan budayawan dan penulis buku Atlas Wali Songo tersebut meninggal dunia kurang lebih pada pukul 07.30 WIB. KH Agus Sunyoto merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama kelahiran Surabaya, 21 Agustus 1959, yang meninggal dunia pada usia 61 tahun.

KH Agus Sunyoto merupakan Ketua Lesbumi PBNU pada periode kedua kepemimpinan KH Said Aqil Siradj, setelah Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur pada 2015. Lesbumi merupakan perangkat departementasi NU yang bertugas melaksanakan kebijakan NU di bidang pengembangan seni dan budaya.

Almarhum juga merupakan pengasuh Pesantren Global Tarbiyatul Arifin, Malang. KH Agus Sunyoto termasuk seorang budayawan yang produktif sebagai penulis. Salah satu buku yang paling dikenal adalah Atlas Wali Songo, yang mengisahkan tentang penyebaran Agama Islam di Nusantara.

Karya-karya lain yang merupakan hasil tulisan KH Agus Sunyoto adalah, Resolusi Jihad, Banser Berjihad Melawan PKI, Sunan Ampel: Taktik, dan Strategi Dakwah Islam di Jawa, serta Suluk Abdul Jalil: Perjalanan Ruhani Syeh Situ Jenar.

Almarhum akan dimakamkan di dekat makam orang tuanya, di Makam Tembok, Gundih, Surabaya, Jawa Timur.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs