Sabtu, 20 April 2024

Maksimalkan Pemberdayaan Ibu-ibu PKK, Raih Juara Bank Sampah se-Mojokerto

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penggerak Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi, Mojokerto. Foto: Humas Ubaya

Raih juara satu Lomba Bank Sampah Desa atau Kelurahan se-Kabupaten Mojokerto tahun 2021, Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi, merupakan desa binaan Universitas Surabaya (Ubaya). Digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Mojokerto.

Lomba diawali penjurian serta kunjungan lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 4 Juni 2021. Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi yang baru didirikan pada bulan Januari tahun ini memiliki nilai positif di mata juri, sehingga mampu mengalahkan bank sampah desa atau kelurahan lain di Kabupaten Mojokerto yang sudah lama berdiri.

Nilai positif itu adalah pemberdayaan ibu-ibu PKK Desa Kedungudi yang tinggi dalam mengelola bank sampah. Mulai dari adanya usaha daur ulang sampah anorganik untuk menjadi produk yang mempunyai nilai jual tinggi dan pengolahan sampah organik menjadi kompos serta media tanam.

Prestasi yang dicapai oleh Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi tidak lepas dari peran Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi Universitas Surabaya (PPMUPT Ubaya).

Anggota tim PPMUPT Ubaya terdiri dari Dr. Hazrul Iswadi, S.Si., M.Si., M.E. Lanny Kusuma Widjaja, S.E., M.M., CBC., Dra.ec. Endang Ernawati, M.Si., CSA., Dr. Frikson Christian Sinambela, S.Psi., M.T. dan Yayon Pamula Mukti, S.TP., M.Eng. Tim PPMUPT Ubaya selalu mendampingi Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi dalam merancang program, beraktivitas sekaligus mendukung dana dan teknologi untuk produksi kompos serta media tanam.

Dr Hazrul Iswadi selaku Ketua Tim PPMUPT Ubaya sekaligus Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Ubaya menyampaikan jika prestasi yang diperoleh menjadi pembuktian bahwa bank sampah desa perlu melibatkan pemberdayaan masyarakat.

“Kami meyakini bahwa bank sampah yang ditujukan untuk menjawab isu lingkungan di masyarakat akan lebih efektif bekerja dan produktif jika melibatkan segenap komponen masyarakat desa, tidak hanya melulu pada aspek administratif dan tata kelola bank sampah,” ujar Hazrul Iswadi, Senin (30/8/2021).

Sebagai bentuk dukungan Ubaya kepada Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi, tim PPMUPT ikut mendampingi pada pelaksanaan Festival Daur Ulang yang diadakan 13 Juni 2021 lalu di Kedungudi Sky Park Hill.

Acara ini digelar melibatkan semua komponen warga Desa Kedungudi. Selama pelaksanaan berlangsung warga dan tim PPMUPT Ubaya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pada waktu yang sama, tim PPMUPT Ubaya juga memberikan mesin perajang multifungsi serta pelatihan kepada ibu-ibu PKK pengelola bank sampah agar bisa memproduksi dan menjual kompos secara mandiri.

Prestasi yang diperoleh Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi adalah hasil kerja keras semua pihak yang terlibat, yaitu ibu-ibu PKK, tim PPMUPT Ubaya, dan pemerintah Desa Kedungudi melalui Kepala Desa (Kades) H. Dul Mukti.

Made Swandewi Ketua TP PKK Desa Kedungudi, bersyukur bahwa inisiasi warga yang dimulai dengan mendirikan gudang bank sampah di tanah pribadi Kades bisa berkembang menjadi kegiatan andalan Desa Kedungudi sekaligus menorehkan prestasi yang membanggakan.

“Semoga kami bisa berprestasi lebih tinggi di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional. Kami berharap bantuan pihak-pihak terkait dengan pembinaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat untuk Bank Sampah Segunung Harto Desa Kedungudi menjadi lebih maju,” tutup Made Swandewi.

Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan piala, sertifikat dan uang pembinaan diberikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Mojokerto, Sofiah Rahma kepada Ketua TP PKK Desa Kedungudi, Made Swandewi di Pendopo Kabupaten Mojokerto.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version