Kamis, 25 April 2024

Menengok Jembatan Sawunggaling, Ikon Baru Kota Surabaya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Jembatan Sawunggaling memiliki panjang sekitar 136 meter yang menghubungkan ruas Frontage Wonokromo dengan Jalan Gunung Sari. Sedangkan untuk lebar Jembatan, mencapai sekitar 17 meter dan Lebar Badan Jalan sekitar 7 meter. Foto: Manda suarasurabaya.net

Jembatan Sawunggaling dan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) telah diresmikan Sabtu (1/5/2021) menjadi dua ikon baru Kota Surabaya. Jembatan ini akan menghubungkan frontage road sisi barat Jalan Raya Wonokromo dengan Jalan Gunungsari.

Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menjelaskan, pembangunan jembatan ini bertujuan untuk mendukung transportasi yang masuk TIJ. Selain itu pula untuk mendukung peningkatan jumlah pengunjung KBS.

“Jembatan Sawunggaling saat ini telah menjadi ikon baru Kota Surabaya yang juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Surabaya melalui jalan wisata,” kata Irvan.

Ia menjelaskan, jembatan ini memiliki panjang sekitar 136 meter yang menghubungkan ruas Frontage Wonokromo dengan Jalan Gunung Sari. Sedangkan untuk lebar Jembatan, mencapai sekitar 17 meter dan Lebar Badan Jalan sekitar 7 meter.

“Kemudian, struktur utama pada bentang di atas sungai menggunakan beton precast berupa voided slab yang terbagi dalam 3 bentang, yakni 24 meter, 18 meter dan 16 meter. Sedangkan pada bentang di atas tanah, menggunakan full slab,” jelasnya.

Untuk bangunan pelengkap, Irvan menyebut, pilon jembatan dengan tinggi sekitar 20 meter dilengkapi dengan tangga untuk naik ke mezzanine. Lalu, dilengkapi pula dengan big tree lamp dengan tinggi 6 meter yang dapat menyala berwarna-warni lengkap dengan running text.

“Dilengkapi juga dengan dancing fountain atau air mancur yang bergerak seirama dengan lagu yang diputar. Sedangkan Railling Jembatan, menggunakan kaca tempered yang ditempeli stiker dan lampu hias,” jelasnya.

Peresmian Jembatan Sawunggaling ini juga istimewa karena dihadiri khusus Mensos Risma sebab, berdirinya Jembatan Sawunggaling dan TIJ, tak lepas dari peran Tri Rismaharini yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. (man/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs