Kamis, 25 April 2024

Polrestabes Surabaya Imbau Bonek Tunda Demonstrasi Terkait Mafia Bola

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi unjuk rasa. Grafis: suarasurabaya.net

Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya mengimbau pendukung tim sepak bola Persebaya Surabaya yang akrab disapa Bonek menunda rencana demonstrasi yang menurut jadwal digelar hari ini, Kamis, 25 November 2021.

Komisaris Besar Polisi Akhmad Y Gunawan Kepala Polrestabes Surabaya, Rabu malam mengatakan, sepanjang Kamis akan ada tiga rencana kegiatan demonstrasi.

“Selain aksi unjuk rasa Bonek, juga ada aksi dari pengungsi asal negara Afganistan di depan Kantor Konsulat Jenderal Australia di Surabaya. Selain itu, yang melibatkan massa dengan jumlah cukup besar adalah aksi unjuk rasa buruh,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Dia memastikan tiga kegiatan aksi unjuk rasa itu mendapatkan pengamanan. Meskipun, menurut Akhmad Y Gunawan akan ada baiknya jika salah satu dari agenda tersebut ada yang ditunda terlebih dahulu.

Hal itu dimaksudkan agar personel kepolisian bisa fokus melakukan pengamanan pada aksi unjuk rasa buruh yang melibatkan massa cukup besar, dengan jumlah sebanyak 6.000 orang, menurut laporan yang masih di Polrestabes Surabaya.

“Untuk itu, malam ini sedang kami koordinasikan dengan tokoh-tokoh bonek dan juga Yayasan Suporter Surabaya atau YSS. Mudah-mudahan teman-teman Bonek bisa memahami dan membantu agar Surabaya tetap kondusif,” ujarnya.

Sebagai informasi terkait agenda demonastrasi yang dilakukan oleh Bonek ini terkait dengan pengusutan mafia sepak bola di Indonesia.

Sementara, Kepala Kapolrestabes itu juga memastikan kesiapan personel sebanyak 1.500 yang fokus utamanya melakukan pengamanan aksi unjuk rasa buruh dengan jumlah massa sebanyak 6.000 orang.

Ribuan personel itu tidak hanya berasal dari Polrestabes Surabaya, melainkan dari kepolisian sekitar, seperti Polres Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Mojokerto dan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Selain itu, pengamanan aksi unjuk rasa yang berlangsung pada hari ini juga dibantu oleh aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan mengerahkan personel sebanyak enam satuan setingkat kompi.

Masing-masing dari TNI AD yang dibantu Komando Daerah Militer V/Brawijaya dengan mengerahkan sebanyak tiga SSK, serta dari TNI AL yang dibantu Komando Armada II dengan mengerahkan sebanyak tiga SSK. (ant/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs