Jumat, 19 April 2024

Prediksi dan Tips Makeup, Hairstyle dan Fashion di Tahun 2022

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: fashionista.com

Tahun baru 2022 tinggal hitungan hari. Prediksi tren makeup, hairstyle dan fashion tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat, khususnya pegiat fashion. Apalagi,pandemi Covid diprediksi akan mereda, yang akan mengubah tren fashion karena orang yang akan lebih leluasa untuk ke luar rumah.

Live Instagram KelaSS Pintar pada Rabu (22/12/2021) sore mengangkat tema “Tahun Baru Gaya Baru?”. Dalam live kali ini mengundang Stellathjia Professional Makeup Artist and Hairstylist dan Aldre Indrayana Fashion Designer, untuk membahas prediksi dan tips makeup, hairstyle dan fashion yang akan tren di tahun 2022.

Live Instagram KelaSS Pintar pada Rabu (22/12/2021) sore mengangkat tema “Tahun Baru Gaya Baru?”. Dalam live kali ini mengundang Stellathjia Professional Makeup Artist and Hairstylist dan Aldre Indrayana Fashion Designer, untuk membahas serba-serbi tips tren yang akan tren di tahun 2022. Foto: suarasurabaya.net

Jika pada tahun 2021, tema casual dan warna-warna soft dan pastel mendominasi, lalu bagaimana prediksi di tahun 2022?

Makeup

Stellathjia mengatakan, gaya makeup yang diprediksi akan menjadi tren adalah makeup dengan warna earth tone dengan polesan seminimalis mungkin. Warna earth tone ini sering digunakan untuk menampilkan kesan yang santai dan simpel.  Secara umum, tren makeup 2022 akan lebih menonjolkan kulit yang tampak sehat dan segar.

Tren ini tidak terlalu berbeda jauh dengan tren 2021 sebelumnya, dengan makeup simpel ala korean look. Dengan kondisi pandemi 2022 diprediksi lebih mereda, warna-warna yang lebih berani seperti neon, masih dimungkinkan untuk kembali muncul, meski tipis dan tidak dominan.

“Tren makeup 2021 lalu ala Korea, tapi juga dengan warna lebih berani seperti neon. Tapi memang (2022) kiblatnya masih Korean Look,” kata Stella.

Stella juga memberikan tips warna base makeup yang cocok bagi kulit warm tone dan kulit terang cool tone.

Sebelumnya, untuk mengetahui apakah kulit Anda tergolong warm tone atau cool tone, yakni dengan mengecek warna pembuluh darah yang ada di pergelangan tangan bagian nadi. Jika pembuluh darah berwana kehijauan, berarti Anda tergolong kulit warm tone. Namun jika pembuluh darah Anda berwarna kebiruan, berarti kulit Anda tergolong cool tone.

Jika kulit Anda warm tone, maka base makeup warna coral, coklat, peach, dan lipstick merah bata bisa jadi pilihan. Namun jika kulit Anda tergolong cool tone, maka base makeup dengan warna sedikit pink akan membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.

Stella juga memberikan tips, agar foundation bisa tahan lama di wajah dan tidak belang meski memakai masker seharian. Salah satunya dengan membakar foundation dengan pallet berbahan besi.

“Jadi tuangkan foundation ke pallet besi atau sendok besi, lalu dibakar dari bawah sampai mendidih. Setelah itu ditaruh muka agar makeup bisa tahan lama,” ujarnya.

Untuk kulit berminyak atau oily skin, ia merekomendasikan foundation liquid yang bisa menjadikan kulit wajah lebih kering. Sedangkan untuk kulit kering, ia menyarankan menggunakan foundation berbahan cream.

Hairstyle

Untuk tren hairstyle 2022, Stella mengungkapkan tidak akan jauh beda dari tren 2021, yakni rambut bertekstur dan bervolume. Model rambut ini menjadi pilihan banyak orang saat ini karena mereka tidak ingin rambut terlihat lepek saat berkegiatan.

Model rambut bervolume banyak dipilih agar terlihat rambut sehat dan segar, serta tata rambut yang instan dan simpel dalam berkegiatan sehari-hari.

Hairstyle yang bertekstur dan bervolume, karena nggak mau rambutnya terlihat lepek. Instan, cepat jadi. Habis mandi tidak usah styling yang bagaimana-bagaimana. Kalau bisa wash and go,” tutur Stella.

Sedangkan untuk warna rambut, tren warna rambut ombre dan diprediksi masih tren di tahun 2022 dengan warna-warna yang lebih berani. Begitu juga dengan highlight rambut dengan warna-warna earth tone dan pastel.

“Karena banyak di rumah mungkin lebih berani ya, tapi cuma bawahnya saja, jadi atasnya normal. Pengennya kalau zoom meeting terlihat formal, tapi bawahnya warna-warni. Atau highlight-highlight seperti pastel, earth tone seperti coklat yang masih banyak dipakai,” ujarnya.

Stella juga memberikan rekomendasi warna rambut bagi yang memiliki kulit warm tone dan cool tone.

“Kalau kulitnya warm tone, warna seperti coklat, hazelnut, karamel, arah-arah ke earth tone akan bagus. Kalau cool tone bisa lebih ke berbagai warna atau yang agak kebiru-biruan,” ungkapnya.

Fashion

Aldre Indrayana Fashion Designer mengatakan, fashion 2021 sangat terpengaruh oleh kondisi pandemi Covid-19. Pandemi yang membuat banyak orang tidak banyak keluar rumah, membuat fashion dengan tema casual lumayan booming.

Namun di 2022, ia memprediksi tren casual masih menjadi tren meski dengan warna yang lebih cerah.

“Di 2022, orang lebih bisa ke luar rumah kan, jadi warna-warna lebih bebas dan cerah,” kata Aldre.

Meski begitu, perbedaan tren fashion 2021 dengan 2022 tidak akan terlalu besar karena meski masyarakat sudah bisa ke luar rumah, namun orang-orang masih enggan dress up berlebihan karena adanya pembatasan.

“Kalau ke luar mereka nggak mau yang dress up banget, yang terlalu heboh. Karena cepat kan, datang, ketemu lalu pulang,” tambahnya.

Meski begitu, fashion yang bertema sustainability seperti thrifting semakin berkembang setelah banyak diminati pada 2021. Jika sebelumnya, orang-orang lebih suka memakai baju baru, saat ini tren baju thrifting akan semakin populer ditambah variasi mix and match.

Apalagi, jasa mendesain ulang baju lama di akhir 2021 juga mulai bermunculan dan akan berlanjut di tahun 2022.

“Mereka akan suka baju-baju lama yang bisa didesain ulang. Karena masih banyak waktu di rumah, jadi otak-atik baju bagaimana caranya agar look-nya seperti baju baru. Baju-baju thrifting dimodifikasi karena isu-isu upcycle, banyak service baju dibuat ulang,” tuturnya.

Baju berbahan dingin juga masih akan tren di tahun 2022, seperti katun dan rayon.

“Yang happening adalah fashion yang sustainable, baju-baju organik yang lebih dingin seperti katun dan rayon. Meski konsekuensinya mudah kusut, tapi paling enak dipakai,” ungkap Aldre.

Meski bagi mereka dengan mobilitas pekerjaan tinggi, akan tetap memilih bahan polyester atau fiber.

“Tapi juga ada yang malas pakai karena gampang lungsek. Bagi mereka yang kerja nine to five inginnya baju yang selalu terlihat rapi,” katanya.

Sedangkan untuk fashion item bagi kaum pria, warna-warna gelap juga memiliki masa tren yang lama dan masih akan banyak dipilih pada tahun 2022. Meski ke depan, warna-warna terang sedikit berkembang seperti warna neon, meski tidak mendominasi.

“Di kota-kota besar, sustainability dan casual masih tren, yang warna-warna gelap. Seperti makeup, warna neon juga akan muncul di fashion 2022 meski sedikit-sedikit saja, tidak full neon,” imbuhnya.

Aldre menambahkan, “Tapi mungkin akan lebih dress up untuk tahun depan dan cowok-cowok akan lebih berani bereksperimen dengan warna”. (tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs