Kamis, 18 April 2024

Sesi Tanya Jawab dalam Fit and Proper Test Jenderal Andika Perkasa Digelar Tertutup

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI saat menuju ruangan Komisi I DPR jelang Fit and Proper Test. Foto Faiz suarasurabaya.net

Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI menjalani Fit and Proper Test (Uji Kelayakan dan Kepatutan) dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi I DPR RI.

Jenderal Andika Perkasa tiba di gedung DPR RI dan masuk ke ruang Komisi I sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu (6/11/2021).

Begitu masuk ruangan, Andika langsung mendatangi dan menyalami semua anggota Komisi I yang sudah hadir di tempat duduknya masing-masing, termasuk pimpinan komisi.

Meutya Hafid Ketua Komisi I kemudian membuka rapat dan menyampaikan mekanisme fit and proper test terhadap Jenderal Andika Perkasa.

Diawali dengan penyampaian visi dan misi Calon Panglima TNI dengan alokasi waktu 30 menit. Pada sesi ini dilakukan secara terbuka.

“Bapak ibu yang kami hormati, calon panglima TNI, mekanisme RDPU kita hari ini yaitu yang pertama penyampaian visi misi calon panglima TNI dilakukan secara terbuka,” jelas Meutya.

Sedangkan untuk penyampaian strategi dan kebijakan, termasuk tanya jawab, kata Meutya, akan dilakukan secara tertutup.

“Penyampaian strategi dan kebijakan dilaksanakan secara tertutup. Alokasi waktu calon panglima TNI untuk menyampaikan visi misi adalah 30 menit. Pendalaman tanya jawab dari fraksi-fraksi, masing-masing fraksi bapak ibu kapoksi tolong dicatat diberikan waktu 7 menit, dilaksanakan secara tertutup,” kata Meutya.

“Jawaban calon Panglima TNI terhadap pendalaman pertanyaan dari fraksi diberikan alokasi selama 20 menit dilaksanakan secara tertutup. Pendalaman tanya jawab masing-masing anggota diberi alokasi waktu kurang lebih 3 menit dilaksanakan secara tertutup. Dan kemudian calon panglima TNI menjawab dan diberikan alokasi waktu selama kurang lebih 20 menit dilaksanakan secara tertutup,” imbuhnya.

Meutya mengatakan, setelah fit and proper test selesai, Komisi I akan mengadakan rapat internal untuk pengambilan keputusan.

Pengumuman hasil fit and proper test Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI akan disampaikan langsung setelah rapat internal selesai.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs