Selasa, 30 April 2024

Tingkatkan Keterampilan, Marinir Indonesia Latihan Bersama Marinir Amerika di Situbondo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Brifing awal latihan bersama Marinir Indonesia dan Marinir Amerika Serikat di Situbondo. Foto: Dispen Kormar

Kolonel Marinir Purwanto Djoko Prasetyo mewakili Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono melaksanakan Briefing Awal Latihan Bersama (Latma) antara prajurit Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dengan United States Marines Corps (USMC) Reconnaissance Unit di Titik Tinjau (T.12) Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (3/6/2021).

Latihan bersama dengan sandi Reconex 21-II yang dipimpin Komandan Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Letkol Marinir Supriyono selaku Komandan Satgas Latihan (Dansatgaslat) tersebut diikuti 171 personel dengan rincian 156 personel dari Korps Marinir TNI AL (Taifib) dan 15 personel USMC.

Komandan Korps Marinir, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wadan Pasmar 2 menyampaikan ucapan selamat datang kepada Delegation United States Marines Corps Reconnaissance Unit di medan Latihan Korps Marinir Indonesia Puslatpur 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo, Jawa Timur. Semoga Delegasi dapat menyesuaikan diri dengan kondisi dan iklim Indonesia dan Latihan Bersama yang dilaksanakan dapat meningkatkan Mutual Trust Dan Mutual Understanding antara Korps Marinir TNI AL dengan United States Marine Corps (USMC).

Latma Reconex 21-II, lanjutnya, merupakan latihan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali antara TNI Angkatan Laut dalam hal ini Korps Marinir dengan United States Marine Corps sebagai implementasi kesepakatan antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat untuk memperkuat kerjasama bilateral bidang pertahanan. Latma Reconex 21-II tahun 2021 merupakan serial pertama antara Korps Marinir TNI Angkatan Laut bersama USMC yang melibatkan satuan Intai Amfibi Marinir dengan Reconnaissance Unit dengan materi mengenai operasi intai amfibi.

Disampaikan juga oleh Dankormar bahwa penyelenggaraanya dibagi menjadi dua tingkat yaitu Reconex 21-I Team Level yang dilaksanakan di Camp Pendelton Amerika Serikat dan Reconex 21-II Platoon Level yang dilaksanakan di Puslatpurmar 5 Baluran Karang Tekok, Situbondo dan Puslatpurmar 7 Lampon, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Tema latihan yang di usung pada latihan kali ini adalah: Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut menyelenggarakan latma Reconex 21-II (Platoon level) dengan United States Marines Corps Reconnaissance Unit di wilayah Karang Tekok, Lampon Jawa Timur dan sekitarya dalam rangka meningkatkan interoperability dan capability satuan Intai Amfibi Korps Marinir.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan USMC Reconnaissance Unit melalui latihan teknis dan taktis serta latihan satuan setingkat peleton dengan fokus pada operasi intai amfibi,” jelas Dankormar.

Lebih lanjut dikatan bahwa materi latihan yang menitikberatkan pada pelaksanaan operasi intai di tingkat peleton pada operasi amfibi, akan menjadi suatu pelajaran, pengetahuan serta pengalaman baru bagi prajurit Taifib Marinir, guna mewujudkan prajurit Taifib Marinir yang handal, tangguh serta profesional dalam melaksanakan operasi intai amfibi.

Mengakhiri amanatnya Komandan Korps Marinir berharap dengan dilaksanakannya kegiatan latihan ini, dapat saling berbagi taktik dan strategi tempur demi meningkatkan profesionalisme prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut khususnya prajurit Intai Amfibi Marinir, selain itu juga untuk mendapatkan mutual trust dan mutual understanding serta meningkatkan interoperability dan capability bersama antara Korps Marinir dan USMC.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Dankormar Bidang Kersamil Kolonel Marinir Didit, Pabanren Sops Kormar Letkol Mar Ukki, Komandan PLP 5 Baluran Letkol Mar Agus Wahyudi, Komandan PLP 7 Lampon Letkol Mar Dodik Eko, Atase USMC Letkol Usmc Lee, Pabandya Ops Kormar Mayor Mar Aristoyudo dan Kasubsilatmar Disopslatal Mayor Mar Halley.(tok/tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version