Rabu, 24 April 2024

Triawan Munaf: Kalau Bisa Pertunjukan Musik Digelar dengan Prokes

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Triawan Munaf, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Foto: Antara

Triawan Munaf, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berharap pertemuan Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri menghasilkan titik terang bagi perizinan pertunjukan musik di masa pandemik.

“Sudah ada imbauan dari Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI. Sudah ada pertemuan Sandiaga dengan Kapolri. Mudah-mudahan ini membuka dapur para musisi Indonesia. Kalau bisa diselenggarakan pertunjukan musik dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Triawan saat mengudara di Radio Suara Surabaya pada Hari Musik Nasional, Selasa (9/3/2021).

Dia meyakini para musisi dan penyelenggara pertunjukan musik dapat menggelar acara dengan protokol kesehatan. “Saya yakin mereka sanggup dan menuntut untuk segera diadakan karena mereka berjanji akan melaksanakan dengan penuh disiplin.”

Pertemuan Menparekraf dan Kapolri, kata Triawan, penting karena ini masalah sinergi dan kolaborasi antar lembaga pemerintah. Kenyataan di lapangan, penyelenggara pertunjukan sangat dirugikan karena perizinannya masih simpang siur, yang satu mengizinkan, yang di bawah tidak. Padahal persiapan mereka sudah lengkap bahkan protokol kesehatan sesuai Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE sudah mereka ikuti, tapi hari H dibatalkan.

Meski keberlangsungan pertunjukan musik belum jelas, Triawan melihat para musisi tetap semangat berkarya, bahkan menemukan cara-cara berkomunkasi dengan fans-fansnya.

“Sesudah ada pandemi ini, komunikasi antar pemusik lebih giat dan lebih intensif. Mereka tetap melahirkan karya-karya. Mereka tidak bisa menahan nafsu untuk mencipta, minimal satu single,” kata Triawan.(iss/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs