Selasa, 30 April 2024

Uji Klinis Fase 1 Vaksin Merah Putih Mulai Juni 2021

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Dante Saksono Wamenkes saat RDP dengan Komisi IX DPR RI membahas Vaksin Merah Putih pada Maret 2021. Foto : Faiz suarasurabaya.net

Dante Saksono Wakil Menteri Kesehatan mengatakan, uji pra klinis Vaksin Merah Putih diperkirakan April sampai Mei 2021. Sedangkan untuk uji klinis fase 1 diperkirakan dapat dimulai pada bulan Juni 2021.

Hal ini disampaikan Dante dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IX DPR, Rabu (10/3/2021).

“Prediksi ke depan bahwa seed vaksin akan mencapai uji pra klinis kira-kira April sampai Mei 2021. Kemudian uji klinis fase pertama mudah-mudahan kita bisa kejar sampai Juni 2021,” ujar Wamenkes.

Kata Dante ada beberapa Inisiator Vaksin Merah Putih ini seperti lembaga Eijkman, LIPI, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, ITB, Unair dan Unpad.

“Dan platform vaksinnya masing-masing bisa bapak dan ibu lihat di sini dan posisi tahap pengembangan tersebut juga berbeda-beda, ada yang sudah selesai uji laboratorium, ada yang selesai uji praklinis pada mamalia besar,” jelasnya.

Fase berikutnya kata Dente, untuk beberapa peneliti juga tergantung pada kemampuan mereka untuk melakukan developing tahap awal dari uji pra klinis yang dilakukan di masing-masing laboratorium yang bekerjasama dengan Kemenkes.(faz/tin/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version