Rabu, 24 April 2024

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tetap Dipakai dalam Program Vaksinasi Nasional

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan dalam keterangan kepada wartawan secara virtual di Jakarta, Selasa (4/5/2021) Foto: Antara

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Pemerintah urusan Vaksinasi Covid-19 mengatakan, vaksin produk AstraZeneca masih dipakai dalam Program Vaksinasi Nasional.

Dari total 3,8 juta dosis Vaksin AstraZeneca yang terbagi dalam 40 kelompok produksi (batch) di Indonesia, cuma vaksin Batch CTMAV547 yang disetop distribusi dan penggunaannya sementara.

“Vaksin AstraZeneca tetap digunakan dalam program vaksinasi massal. Yang dihentikan sementara penggunaannya cuma sebatas Batch CTMAV547,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Kamis (20/5/2021).

Dokter Nadia menegaskan, Vaksin AstraZeneca di luar kelompok produksi CTMAV547 aman dan berkhasiat mencegah efek serius Covid-19.

Sekarang, lanjut Nadia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih melakukan uji toksisitas dan sterilitas Vaksin AstraZeneca batch CTMAV547.

“Hasil pengujiannya tunggu saja dua minggu lagi,” kata Nadia yang menjabat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyetop sementara distribusi dan penggunaan 448,480 Vaksin Covid-19 AstraZeneca Batch CTMAV547 dalam Program Vaksinasi Nasional.

Kebijakan itu bentuk kehati-hatian pemerintah melaksanakan program vaksinasi, sesudah ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius.

Sekadar informasi, Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang sedang diuji kandungannya, didapat Indonesia lewat skema kerja sama multilateral Covax Facility/WHO, tanggal 26 April 2021.

Kemudian, vaksin-vaksin itu didistribusikan ke sejumlah daerah antara lain DKI Jakarta dan Sulawesi Utara.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs