Selasa, 30 April 2024

BMKG: Mayoritas Kota Besar di Indonesia diprakirakan Diguyur Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi mayoritas kota-kota besar di Indonesia akan diguyur hujan pada Kamis (13/10/2022).

Berdasarkan informasi daring BMKG yang dikutip dari Antara, hal yang mempengaruhi hujan di kota besar di Indonesia disebabkan bibit siklon tropis 90W yang berada di Laut China Selatan, sehingga menyebabkan terbentuknya daerah konvergeni di Laut China Selatan.

Kemudian sirkulasi siklonik juga berada di Samudra Hindia Barat Bengkulu dan Papua, sehingga membentuk daerah konvergensi dari wilayah Papua Nugini hingga wilayah Papua.

Daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari wilayah Aceh hingga selat Malaka, dari Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, di Jawa Tengah dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, dari Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Nusa Tenggara Barat dari laut Timor hingga Laut Banda, dari Sulawesi Selatan hingga Teluk Tomini, dari Papua Nugini hingga Teluk Cendrawasih dan di wilayah Papua bagian selatan.

Kondisi demikian dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan disepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sementara itu pada hari ini, prediksi cuaca berbasis dampak status siaga berada di wilayah Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan update informasi cuaca.

Untuk wilayah Sumatera diprakiraan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Palembang dan Pekanbaru. Sedangkan hujan dengan intensitas lebat diprakiraan terjadi di Bandar Lampung.

Hujan yang disertai dengan kilat/petir diprediksi terjadi di Pangkalpinang, Bengkulu, dan Jambi. Cuaca di wilayah Aceh diprediksi berawan.

Sementara wilayah Medan diprediksi terjadi hujan dengan intensitas lebat dan wilayah Tanjungpinang diprakiraan terjadi hujan disertai kilat maupun petir.

Di wilayah Jawa, yang berada di wilayah Semarang diprediksi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan untuk wilayah Serang dan Bandung diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang. Jakarta, Yogyakarta, dan surabaya diprakirakan terjadi hujan yang disertai kilat ataupun petir.

Hujan dengan intensitas ringan juga terjadi di wilayah Palangka Raya dan Tanjung Selor. Kemudian hujan dengan intensitas ringan terjadi di Pontianak dan Banjarmasin. Sedangkan Samarinda diprediksi berkabut.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Denpasar diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Hujan intensitas sedang diprakirakan terjadi di wilayah Mataram dan Kupang berawan.

Hujan intensitas ringan akan terjadi pada wilayah Mamuju, Manado, dan Kendari. Hujan intensitas sedang akan terjadi di wilayah Makassar dan Palu, sedangkan Gorontalo cuaca diprakirakan cerah berawan.

Wilayah Ternate, Ambon, dan Jayapura diprediksi terjadi hujan ringan. Sedangkan wilayah Manokwari untuk esok hari (14/10/2022) diprakirakan hujan intensitas sedang. (ant/tik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version