Selasa, 30 April 2024

China akan Kirim Bantuan Kemanusiaan Senilai 50 Juta Yuan untuk Afghanistan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anak-anak Afghanistan di kamp pengungsian akibat bencana gempa. Foto: Antara

Pemerintah China akan memberi bantuan kemanusiaan darurat senilai 50 juta Yuan, atau sekitar Rp110,8 miliar kepada Afghanistan, usai bencana gempa bumi bermagnitudo 5,9 yang melanda negara tersebut.

Seperti dilaporkan Antara, rencana itu disampaikan Wang Wenbin Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, menanggapi pertanyaan tentang perkembangan bantuan kemanusiaan darurat China untuk Afghanistan, Sabtu (25/6/2022).

Gempa bumi yang mengguncang Afghanistan pada Rabu (22/6/2022) menjadi gempa terdahsyat yang terjadi di negara tersebut dalam kurun lebih dari 20 tahun terakhir.

“Bencana tersebut menyebabkan setidaknya 1.500 orang tewas dan lebih dari 2.000 lainnya luka-luka, serta menghancurkan lebih dari 3.000 rumah,” ungkap Wang.

Dia juga menyebut jumlah korban jiwa kemungkinan masih terus bertambah.

“Bantuan yang diberikan China tersebut meliputi tenda, handuk, kasur lipat, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan warga Afghanistan,” papar Wang.

Gelombang pengiriman pertama bantuan tersebut dijadwalkan menggunakan pesawat sewaan pada tanggal 27 Juni 2022.

Kemudian tahap berikutnya, kata Wang, China akan berkoordinasi dengan pemerintahan sementara Afghanistan untuk memastikan pasokan bantuan dikirim kepada mereka yang membutuhkan sesegera mungkin, serta membantu warga Afghanistan mengatasi kesulitan.

“Kami sangat yakin dengan upaya bersama dari pemerintahan sementara Afghanistan dan semua lapisan masyarakat, serta bantuan masyarakat internasional, sejumlah warga di wilayah yang terdampak akan dapat segera mengatasi bencana, mempercepat pembangunan kembali rumah mereka, serta melanjutkan produksi dan kehidupan normal mereka,” pungkas Wang.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version