Jumat, 19 April 2024

Dishub Sidoarjo Rekayasa Lalin untuk Urai Kemacetan Setelah Frontage Bangah Aloha

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kemacetan Jalan Raya Waru sekitaran depan RS Mitra Keluarga, Selasa (8/11/2022). Foto: Ony Haryanto via WA SS

Selesainya pembangunan frontage Bangah di depan Pom Aloha Gedangan, Sidoarjo, memang membuat lalu lintas di jalan tersebut menjadi lancar.

Namun, banyak pendengar SS yang mengeluhkan bahwa kemacetan justru terjadi di Jalan Raya Waru, tepatnya di depan RS Mitra Keluarga sekitar 300 meter ke arah Utara frontage Bangah.

Benny Airlangga Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sidoarjo, Radio Suara Surabaya Selasa (8/11/2022) mengatakan, kemacetan tersebut karena pengendara yang biasanya langsung putar balik di u-turn Aloha, terpaksa harus putar balik di u-turn depan RS Mitra Keluarga.

“Apalagi kalau putar balik di situ (u-turn depan RS Mitra Keluarga), terhalang juga dari yang arah Utara mau ke Selatan. Otomatis jadi macet di sana,” ungkap Benny.

Untuk itu, kata Benny, Dishub Sidoarjo akan merekayasa arus lalu lintas di beberapa titik. Contohnya, dengan menutup sementara u-turn depan RS Mitra Keluarga untuk pengguna jalan dari Selatan ke Utara.

“Nanti akan diarahkan mungkin putar balik ke Bundaran Waru, ataupun dibawah Fly Over Waru. Sementara untuk yang dari arah Utara ke Selatan, kami akan tutup u-turn depan dealer Vespa dan diarahkan puter ke u-turn Aloha,” jelas Benny.

Menurutnya, rekayasa arus lalu lintas itu akan diberlakukan selama beberapa hari ke depan, sampai proyek frontage Bangah benar-benar sudah selesai. Sedangkan untuk pembangunan sudetan di sekitaran jalan yang macet, kata dia, akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu karena merupakan jalan nasional.

“Masyarakat saya harapkan bisa mematuhi peraturan petugas. Seperti dari Bangah tidak boleh menyeberang langsung ke Timur dan sebagainya. Mohon bersabar juga karena arus lalu lintasnya terhambat,” ungkapnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version