Rabu, 1 Mei 2024

Jelang NJTF, Koarmada II Pamerkan Alutsista Terbaru di Villa Navy Residence

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pengunjung anak-anak yang menikmati pameran Alutsista milik Koarmada II di Villa Navy Residence dalam gelaran Navy Jazz Traffic, Kamis (12/5/2022). Foto: Koarmada II

Menjelang gelaran Navy Jazz Traffic Festival di Villa Navy Residence, Koarmada II memamerkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) terbarunya.

Mayor Laut (P) Agung Susyanto Wakil Ketua Pameran Alutsista Koarmada II mengatakan, unit Alutsista yang dipamerkan dalam gelaran NJTF 2022 adalah yang terbaru.

“Alutsista yang kami bawa di antaranya ada J Force Hardtop 2 unit, RM 70 2 unit, Aligator 1 unit, P6 ATAV 2 unit, Heli Bell 505 atau helikopter 1 unit,” kata Mayor Agung kepada suarasurabaya.net, Kamis (12/4/2022).

Kata Agung, total Alutsista Koarmada II yang dibawa ke VNR ada delapan alat yang berjejer di sepanjang jalan.

Dia menjelaskan, setiap Alutsista punya fungsi yang berbeda, seperti J Force Hardtop yang terbuat dari baja sehingga tahan dengan gempuran peluru kabiler kecil agar pasukan yang ada di dalam J Force aman dari serangan.

Lalu RM 70 Grip yang memiliki roket yang bisa meluncurkan 40 roket sekaligus dan menghancurkan titik musuh dengan kerusakan seluas dua hektare. Kata Agung, Alutsista ini digunakan untuk menghancurkan musuh yang berkerumun.

Juga ada P6 ATAV yang disebut sebagai kendaraan tempur taktis dari marinir, khususnya batalion amfibi yang di atas atapnya sudah dilengkapi dengan meriam ringan.

Kemudian ada Aligator, kendaraan dari resimen artileri yang menjadi kendaraan pendukung yang juga digunakan untuk meluncurkan roket-roket RM 70 grip.

Agung menyampaikan, pengunjung dapat melihat secara bebas berbagai alat Alutsista yang dipamerkan Koarmada II di VNR dalam gelaran NJTF 2022. Karena meski ramai pengunjung di VNR, ia menilai pameran Alutsista kurang terekspos karena minimnya lampu sorot sehingga pameran milik TNI AL itu kurang begitu nampak.

“Nantinya masyarakat juga bisa bertanya-tanya kepada petugas penjaga terkait bagaimana cara kerja alat Alutsista yang dipamerkan,” kata Agung.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version