Selasa, 30 April 2024

Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Juanda Meningkat Jelang Nataru

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Pesawat berjejer-jejer di landasan pacudi Bandara Internasional Juanda, Kamis (15/12/2022). Foto: Humas Bandara Juanda

Menjelang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), jumlah penumpang harian pesawat di Bandara Internasional Juanda mulai meningkat.

Tercatat ada 33 ribu penumpang per hari atau meningkat lima persen dibanding minggu kedua November, yang rata-rata 31 ribu penumpang per harinya.

Sisyani Jaffar General Manager Bandara Udara Internasional Juanda memprediksi jika tren kenaikan jumlah penumpang tersebut, akan berlangsung hingga mendekati hari libur natal. Bahkan bisa jadi bertambah.

Untuk itu, pihak pengelola Bandara menyiapakan posko pelayanan Nataru yang dimulai pada tanggal 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang.

“Selama periode itu prediksi kami ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 35 persen, dengan asumsi tidak ada regulasi yang membatasi mobilitas pelaku perjalanan,” terang Sisyani, Kamis (15/12/2022).

Meskipun tren penumpang pesawat meningkat, Sisyani mengaku belum ada permintaan tambahan penerbangan atau extra flight dari maskapai. Saat ini, rata-rata ada 238 pergerakan pesawat per hari di Bandara Juanda.

Meski belum menunjukkan peningkatan frekuensi jika dibanding November lalu, pihaknya mengaku koordinasi intens terkait rencana pengajuan extra flight terus dijalankan.

selain itu, Sisyani mengatakan per Jumat (16/12/2022) hari ini, rencananya akan ada pembukaan rute baru menuju Jakarta dari maskapai Pelita Air yang beroperasi perdana di Juanda, pada penerbangan berjadwal.

Dia berharap penambahan rute baru ini bisa menambah pilihan penerbangan untuk para pengguna jasa.

“Momen ini tentu menarik karena pembukaan rute baru tersebut dilaksanakan menjelang peak season yang demand (permintaan) untuk bepergian meningkat,” pungkas Sisyani. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version