Selasa, 30 April 2024

Ketua BKSAP DPR RI Ungkap Alasan Pemilihan Surabaya sebagai Lokasi Kick Off P20

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Suasana acara road to P20, Rabu (15/6/2022), di Hotel JW Marriott, Surabaya, Jawa Timur. Foto: Farid suarasurabaya.net

Fadli Zon Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI mengatakan, the 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) di Kota Surabaya, Jawa Timur bertujuan mendukung Presidensi G20 Indonesia.

Acara yang digelar hari Rabu (15/6/2022) dengan format presentasi dari narasumber, serta diskusi dengan akademisi, berlangsung di Hotel JW Marriott Surabaya.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, acara dengan format hybrid (virtual dan tatap muka) dihadiri sejumlah Anggota DPR RI, perwakilan negara anggota G20, dan delegasi negara undangan.

Menurut Fadli, Kota Surabaya dipilih sebagai lokasi kick off pertemuan P20 supaya tidak semua terpusat di Jakarta.

“Pemilihan Kota Surabaya ini supaya ada pemerataan. Karena acara puncaknya di Jakarta, makanya rangkaian pembukaannya di daerah lain. Bisa jadi nanti ada lagi acara terkait P20 di daerah lain,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (15/6/2022).

Dia berharap, side event yang masih dalam rangkaian P20 bermanfaat buat daerah yang menjadi tempat pelaksanaan.

Sekadar informasi, P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

DPR RI mengangkat tema Stronger Parliament for Sustainable Recovery yang menitikberatkan peran parlemen dalam pemulihan berbagai sektor kehidupan pascapandemi Covid-19.

Tema itu sejalan dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger yang diusung Pemerintah Indonesia pada Forum G20.

Ada empat isu prioritas yang akan dibahas dalam forum P20, yaitu pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ekonomi inklusif dan masyarakat yang kuat, parlemen efektif dan demokrasi yang kuat, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Tujuan dari P20 di antaranya meningkatkan dimensi parlementer untuk mendukung agenda-agenda global.

Lalu, mendorong penguatan interaksi dan kerja sama antara pemerintah dan parlemen dalam implementasi hasil-hasil pertemuan G20.

Kemudian, memperkuat interaksi antara Ketua Parlemen negara-negara G20 dan negara negara mitra, serta kerja sama dengan PBB dan organisasi internasional lainnya.

Rencananya, pertemuan puncak P20 akan berlangsung tanggal 6-7 Oktober 2022, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version