Kamis, 28 Maret 2024

Mahfud MD: Para Korban Kanjuruhan Umumnya Meninggal Karena Desak-desakan dan Terinjak-injak

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Indonesia.

Mahfud MD Menko Polhukam menjelaskan, korban meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, umumnya karena desak-desakan, himpitan, terinjak-injak dan sesak nafas.

Dia mengatakan, tidak ada korban meninggal akibat pemukulan mau pun penganiayaan antar suporter, Sabtu (1/10/2022).

“Para korban pada umumnya meninggal karena desa-desakan, saling himpit dan terinjak-injak serta sesak nafas. Tidak ada korban pemukulan atau penganiayaan antar supporter,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Sebenarnya, lanjut Mahfud, sebelum pertandingan aparat sudah mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan, seperti pertandingan agar dilaksanakan sore, bukan malam.

Jumlah penonton juga harusnya disesuaikan dengan kapasitas stadion yaitu 38 ribu. Tapi, kata Mahfud, usul-usul itu tidak didengarkan panitia pelaksana yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam dan tiket yang dicetak jumlahnya 42 ribu.

“Pemerintah telah melakukan perbaikan pelaksanaan pertandingan sepak bola dari waktu ke waktu dan akan terus memperbaiki. Tapi, olahraga yang menjadi kesukaan masyarakat luas ini kerap kali memancing para suporter untuk mengekspresikan emosi secara tiba-tiba,” tegas Mahfud.

Sekadar informasi, kerusuhan terjadi usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang berkesudahan dengan skor 3-2, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ratusan penonton termasuk dua aparat kepolisian meninggal akibat kerusuhan tersebut.(faz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version