Selasa, 30 April 2024

Mulai 7 November 2022, Tiket KA untuk Libur Nataru Sudah Bisa Dibeli

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Penumpang kereta api di stasiun. Foto: Istimewa

PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka penjualan tiket kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 mulai 7 November 2022 atau H-45 keberangkatan.

Periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan 22 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, selama ini KAI menjual tiket pada H-30 sebelum keberangkatan. Sistem itu kemudian berubah menjadi H-45 sebelum keberangkatan libur Nataru.

“KAI memberikan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan  kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 jauh-jauh hari,” ujar Luqman dalam siaran pers, Minggu (6/11/2022).

PT KAI merilis jadwal pemesanan tiket momen natal dan tahun baru. Foto: Humas KAI

“Kami juga mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya,” lanjut Luqman.

Syarat yang diberlakukan KAI sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022, yakni pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib melakukan vaksinasi ketiga (booster). Sementara, usia 6-17 tahun wajib melakukan vaksinasi kedua.

KAI juga menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan Pemerintah, di antaranya pelanggan akan dicek suhu dan disediakan hand sanitizer sejak memasuki stasiun.

Selain itu, saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang disentuh penumpang dengan disinfektan.

“KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api,” tegas Luqman.

Tiket kereta api dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.

“KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman,” tutup Luqman.(tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version